24/07/2019 09:05:54
Info Kesehatan

Begini Cara Memakai Tabir Surya untuk Hindari Dampak Buruk Sinar Matahari

Di musim panas seperti sekarang ini, sinar matahari memang terasa lebih menyengat. Terutama di siang hari. Karena itu, ketika Anda dan keluarga terpaksa beraktivitas di luar rumah, akan jauh lebih baik jika menyiapkan tabir surya untuk dapat melindungi kulit dari dampak sinar matahari.

Dari sisi kesehatan, sinar matahari dapat merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Akan tetapi, jika terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa perlindungan apapun, bisa berakibat buruk pada warna dan kesehatan kulit. Selain membuat warna kulit bertambah gelap, sinar matahari juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Menurut spesialis kulit dan kelamin, dr. Hafiza Fikri Fadel, Sp.KK, memakai tabir surya merupakan salah satu cara untuk menghindari dampak buruk dari paparan sinar matahari. Untuk itu, sebaiknya menggunakan tabir surya sedini mungkin.

’’Untuk di Indonesia, sun protection factor (SPF) yang dianjurkan adalah di atas 35. Karena tabir surya tidak ada yang bisa melindungi 100 persen. Jadi, kalau di atas SPF 35, itu sudah melindungi sekitar 96 persen,’’ kata dr. Hafiza seperti dikutip dari Viva.

Lebih lanjut dr. Hafiza menjelaskan, kalau memakai SPF yang lebih tinggi bedanya tidak terlalu signifikan. Misal menggunakan tabir surya dengan SPF 40, perlindungannya sekitar 97 persen, jadi bedanya hanya sedikit.

Lebih baik memerhatikan penggunaannya sudah benar atau tidak, lalu bagaimana cara mengulang pemakaiannya. Cara yang paling efektif untuk menggunakan tabir surya untuk aktivitas pagi adalah memakainya setelah mandi dan hendak beraktivitas keluar rumah.

Pemakaian tabir surya yang dianjurkan adalah 2-3 kali sehari. Tapi, ada beberapa SPF yang bisa bertahan sampai 4 jam. Namun, rata-rata hanya 2-3 jam saja, setelah 3 jam kita harus menggunakannya kembali.

’’Kalau saya pribadi, habis salat Zuhur biasanya terhapus, sunblock-nya dipakai lagi. Kemudian, setelah salat Ashar juga dipakai lagi. Kira-kira seperti itu untuk pemakaian sehari-hari,’’ ucapnya. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Begini Cara Memakai Tabir Surya untuk Hindari Dampak Buruk Sinar Matahari