08/11/2019 10:10:17
Info Kesehatan

Ini Fakta Penting tentang Bayi Interseks

 Setiap tanggal 8 November, diperingati Hari Peringatan Interseksual. Apa yang dimaksud dengan interseksual atau interseks ini? Interseks adalah istilah umum yang digunakan untuk menyatakan berbagai kondisi di mana seorang bayi dilahirkan dengan anatomi reproduksi atau seksual yang tidak sesuai dengan definisi tipikal perempuan atau laki-laki. 

Kondisi alami yang terjadi pada manusia tersebut bukan termasuk masalah medis. Berikut beberapa fakta penting yang perlu Sobat Dokcil ketahui terkait interseksual yang dilansir dari berbagai sumber: 
 

 Variasi Interseks

Beberapa bayi interseks memiliki ambiguitas genitalia atau organ seks internal, seperti misalnya lahir dengan jaringan ovarium tetapi memiliki testis. Sementara bayi lain lahir dengan kombinasi kromosom berbeda dari XY (pria) dan XX (wanita), seperti contohnya memiliki kromosom XXY yang menjadikannya interseks.

Selain itu, tidak jarang bayi dengan kondisi interseks terlahir dengan alat kelamin ganda, tetapi organ atau hormon internal mereka tidak cocok dengan salah satu kelamin ketika mereka dewasa.

’’Ketika bayi terbentuk di dalam rahim, ada serangkaian hal rumit yang terjadi agar mereka terlahir dengan alat kelamin yang benar-benar sesuai,” kata Daniel Metzger, ahli endokrinologi pediatri di BC Children’s Hospital di Vancouver, seperti dikutip dari Todays Parent.

Tidak Selalu Terlihat Segera setelah Bayi Lahir
Beberapa kondisi interseks menyebabkan bayi dilahirkan dengan alat kelamin yang tidak dapat dengan mudah diklasifikasikan sebagai laki-laki atau perempuan (ambiguous genitalia). Kondisi interseks ini biasanya dikenali saat lahir.

Hiperplasia adrenal kongenital, defisiensi 5-alpha-reductase, sindrom insensitivitas androgen parsial, dan agenesis penis termasuk dalam kondisi ambigous genitalia. Kondisi interseks lainnya termasuk ketidakpekaan androgen lengkap, sindrom Klinefelter, sindrom Turner, dan agnesis vagina. Di mana kondisi ini biasanya tidak menyebabkan ambigous genitalia dan tidak dikenali saat lahir.

Tidak Selalu Harus Segera Dioperasi
Kebanyakan dokter justru menganjurkan agar orang tua menunda operasi, kecuali jika secara medis memang diperlukan. Sebagian besar ahli juga mengatakan bahwa operasi yang dilakukan terlalu dini untuk menentukan kelamin bayi interseks harus dihindari.

’’Mengapa melakukan sesuatu yang mungkin tidak dapat diubah dan tidak sesuai dengan anak di kemudian hari (setelah pubertas),’’ kata Tiger Devore, Ph.D., seorang psikologis klinis yang berspesialisasi dalam bidang terapi seksual, seperti dikutip dari Parents. 

’’Orang tua tidak perlu memaksakan anak menjadi identitas (perempuan atau laki-laki) yang mungkin tidak cocok di kemudian hari,” tambah dia.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), penentuan jenis kelamin pada bayi interseks harus dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor, seperti diagnosis, penampilan genital, opsi pembedahan, kebutuhan terapi penggantian seumur hidup, potensi kesuburan, pandangan keluarga, dan keadaan yang berkaitan dengan praktik budaya.

Tidak Selalu Mempengaruhi Orientasi Seksual
Kebanyakan bayi yang lahir dengan kondisi interseks tumbuh menjadi heteroseksual, tetapi beberapa bayi dengan kondisi interseks spesifik diketahui memiliki kemungkinan lebih besar untuk tumbuh menjadi orang dewasa dengan orientasi seksual gay, lesbian, atau biseksual.

Meskipun demikian, sebagian besar bayi interseksual juga memiliki kemungkinan yang besar untuk tumbuh secara normal menjadi individu heteroseksual.

Sangat perlu dukungan
Para psikolog mengatakan bahwa perasaan malu dan penolakan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mental bayi interseks. Sementara perasaan didukung, diakui, dan dipahami dapat membantu mereka tumbuh dengan baik.

Dengan kata lain, menciptakan lingkungan yang penuh kasih dan dukungan untuk bayi yang lahir dengan kondisi interseks, akan membantu mereka tumbuh dengan percaya diri dan bahagia. 

Konsultasikan dengan tim DSD tentang tantangan apa yang mungkin muncul dalam membesarkan bayi interseks. Berkonsultasilah dengan seorang profesional kesehatan mental tentang cara terbaik untuk mendukung dan berbicara dengan Si Kecil dengan kondisi interseks. (*)
 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Ini Fakta Penting tentang Bayi Interseks