10/12/2019 13:59:15
Info Kesehatan

Mengajarkan Si Kecil untuk Mencintai Alam

Rasa cinta pada alam sebenarnya bisa ditumbuhkan sejak dini. Kecintaan pada alam biasanya akan tertanam kuat jika dipupuk dari masa kanak-kanak. Bagaimana cara menanamkan rasa cinta kepada lingkungan dan alam kepada anak?

a.  Pertama, ajarkan dulu cara merawat kebersihan badan ,pakaian ,lingkungan sambil menjelaskan makna bersih dan manfaatnya

b.  Ajarkan tentang berbagai makhluk hidup, mulai dari mengapa ia bisa hidup dan cara untuk merawat makhluk tersebut agar tidak musnah atau mati.

c.  Dari sana, kita bisa mengajarkan anak untuk memahami cara merawat bumi agar tidak rusak. Berikan contoh kerusakan lingkungan jika kita kurang mencintai alam. Misalnya banjir, longsor, polusi (udara, air, tanah, dan suara), hutan gundul, dsb.

d.  Ajarkan anak-anak untuk menjaga udara agar tetap bersih, seperti menanam pohon, tidak sembarangan membakar sampah, dan menghindari pemakaian zat kimia berlebihan.

e.  Ketika mengajak mereka bertualang ke hutan, berikan penjelasan bahwa hutan itu adalah paru-paru dunia yang wajib dilestarikan. Jelaskan juga bahwa hutan merupakan penghasil oksigen, penahan lapisan tanah, dan menyimpan cadangan air.

f. Jika mengajak anak-anak ke laut, berikan penjelasan pada mereka bahwa laut merupakan sumber daya potensial yang tidak boleh dirusak. Pengambilan pasir pantai, karang di laut, pengrusakan hutan bakau, merupakan kegatan-kegiatan manusia yang mengancam kelestarian laut dan pantai.

 

*Dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Mengajarkan Si Kecil untuk Mencintai Alam