09/01/2020 11:04:15
Info Lingkungan

Yuk, Mengenalkan Manfaat Biopori pada Anak!

Foto: Internet

Sudah saatnya kita lebih peduli pada lingkungan. Bencana banjir yang hampir selalu terjadi di setiap musim hujan, seharusnya dijadikan bahan pembelajaran sehingga bisa sama-sama mencari solusi terbaik. Salah satunya adalah dengan membuat lubang biopori di rumah sebagai media untuk resapan air.


Apa yang disebut biopori dan apa saja manfaatnya? Ulasan berikut bisa menjadi referensi Sobat Dokcil tentang biopori. Yuk, belajar bareng-bareng!

Biopori atau yang biasa juga disebut dengan lubang resapan biopori merupakan lubang yang dibuat tegak lurus ke dalam tanah. Lubang ini memiliki diameter antara 10-30 cm dan tidak memiliki muka air tanah dangkal. Lubang tersebut kemudian diisi dengan sampah organik yang memiliki fungsi sebagai makanan makhluk hidup yang ada di tanah, seperti cacing dan akar tumbuhan.

Ada empat manfaat yang lubang resapan biopori. Yang pertama adalah mengurangi sampah organik. Ya, lubang resapan biopori dapat mengurangi sampah organik dari rumah kita ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Sebab, ketika kita membuat lubang, salah satu proses yang harus dilakukan adalah memasukkan sampah organik. Selain mengurangi sampah organik yang akan dibuang ke TPA, pembuatan biopori juga akan membuat masyarakat biasa memilah antara sampah organik dan anorganik.

Manfaat ke-dua adalah menyuburkan tanah. Ketika kita memasukkan sampah organik ke dalam lubang, akan terjadi proses biologis yang kemudian menjadikan sampah tersebut pupuk kompos. Dengan terbentuknya pupuk kompos di dalam lubang, tentu akan membuat tanah menjadi lebih subur.

Manfaat ke-tiga yaitu membantu mencegah banjir. Saat ini, banjir sering terjadi entah itu di kota atau di kampung, dan salah satu penyebabnya adalah sistem drainase yang tidak baik. Biasanya di daerah padat penduduk drainasenya buruk karena kurangnya daya serap air oleh tanah.

Dengan membuat lubang resapan biopori, dapat membantu air untuk segera masuk ke dalam tanah. Selain itu, sampah organik yang ada di dalam lubang merupakan makanan dari cacing tanah.

Cacing yang masuk ke dalam lubang akan membuat terowongan-terowongan kecil di dalam tanah ketika menuju ke lubang yang berisi sampah organik. Hal ini tentu akan membuat air lebih cepat meresap ke dalam tanah.

Lalu, manfaat ke-empat dari biopori adalah mampu memengaruhi jumlah air tanah. Terowongan-terowongan kecil yang dibuat oleh cacing tanah akan meningkatkan luas permukaan tanah. Hal ini tentu akan membuat kapasitas tanah untuk menampung air menjadi meningkat. Bahkan, lubang resapan biopori ini mampu meningkatkan luas bidang resapan menjadi 40 kali lipat.

Pembuatan biopori sebaiknya dilakukan pada area terbuka yang akan terkena air hujan. Kita bisa membuatnya di halaman rumah, sekitar pepohonan, sekitar tempat parkir, dan tempat terbuka lainnya. (*)

 

*Dari berbagai sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Lingkungan: Yuk, Mengenalkan Manfaat Biopori pada Anak!