10/01/2020 10:39:20
TIPS

Cara Mudah Membuat Lubang Biopori di Rumah

Foto: Internet

Sobat Dokcil pasti bertanya-tanya, sulitkah membuat lubang biopori? Jawabannya, tidak ada yang susah jika kita melakukannya dengan cara yang fun. Yuk, simak caranya di sini!


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih lokasi yang tepat. Sebaiknya cari tempat di dekat genangan air, sekitar tumbuhan, atau saluran drainase (got). Jika lubang biopori dibuat di saluran got, maka air got akan masuk ke lubang biopori sehingga got pun tidak bau.

Nah, setelah menemukan lokasi yang cocok, basahi permukaan tanah dengan air untuk mempermudah pembuatan lubang. Selanjutnya, kita bisa mulai membuat lubang biopori mengunakan bor tanah. Kalau tidak punya bor tanah, bisa juga digunakan linggis untuk membuat lubang.

Letakkan mata bor tegak lurus, lalu putar-putar searah jarum jam. Setelah mata bor penuh dengan tanah, angkat dan bersihkan. Buatlah lubang hingga kedalaman sekitar 80-100 cm lalu lapisi dengan pipa PVC yang ukurannya sama dengan diameter lubang, kemudian masukkan sampah organik ke dalam lubang sampai penuh. Sampah-sampah organik yang bisa dimasukkan ke dalam lubang biopori seperti seperti daun-daun kering, rumput, kulit buah-buahan, dan sampah yang berasal dari tanaman lainnya.

Proses pengisian lubang biopori dengan sampah organik bisa dilakukan secara bertahap setiap lima hari sekali sampai lubang terisi penuh dengan sampah. Jika lubang sudah dipenuhi sampah organik, tutuplah dengan penutup agar tidak terinjak-injak orang, mencegah tanah longsor, dan meminimalisasi ada hewan atau material lain yang tidak diinginkan masuk ke dalam lubang. Kamu juga bisa melakukan penyemenan di sekeliling lubang agar biopori lebih awet.

Lubang resapan biopori yang sudah terisi penuh dengan sampah dapat kita biarkan selama tiga bulan agar sampah tersebut nantinya menjadi kompos. Setelah tiga bulan, angkat kompos yang sudah jadi dari lubang biopori, dan lubang siap diisi kembali dengan sampah yang baru. Kompos pun siap digunakan untuk memupuk tanaman yang ada di halaman rumah. (*)

*Dari berbagai sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
TIPS: Cara Mudah Membuat Lubang Biopori di Rumah