18/05/2020 16:28:43
Info Kesehatan

Cara Cerdas Menjaga Kesegaran Stok Makanan saat Pandemi Corona

Foto: Internet/Ilustrasi

Saat pandemi corona jenis baru atau Covid-19, masyarakat diimbau tidak terlalu sering keluar rumah. Kalaupun belanja kebutuhan pangan, sebaiknya menggunakan sistem stok. Nah, bagaimana agar stok makanan yang sudah dibeli tetap segar?

Tak bisa dipungkiri, bahan makanan yang sudah dibeli kadang cepat rusak atau busuk. Ternyata, hal itu terjadi jika kita tidak menyimpannya dengan benar.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kesegaran makanan lebih tahan lama seperti dikutip dari laman Brightside.me:

1. Menjaga Kubis Segar Lebih Lama

Kesalahan terbesar yang dapat Anda lakukan dengan kubis adalah menyimpannya di dalam plastik. Sebaiknya simpan di laci kulkas, dengan cara ini kubis akan tetap renyah dan segar selama 2 minggu.

2. Menjaga Selada dan Bayam Tetap Segar

Selada dan bayam harus dicuci sebelum disimpan. Cuci dengan menggunakan air dingin dan letakkan di mangkuk kaca berlapis tisu.Tutup rapat dengan bungkus plastik dan simpan di dalam kulkas, hal ini akan membuatnya renyah lebih lama.

3. Menyimpan Bawang

Menyimpan bawang dalam kulkas bukanlah ide yang bagus karena kelembapannya. Yang harus Anda lakukan adalah menyimpannya dalam keranjang kawat karena memiliki ventilasi yang baik. Dengan cara ini bawang akan tetap segar selama berbulan-bulan, jangan pernah menyimpannya bersamaan dengan kentang karena keduanya akan cepat rusak.

4. Membungkus Keju dalam Kertas Lilin

Bungkus plastik adalah musuh untuk produk keju dan solusinya adalah menggunakan kertas lilin karena hal ini akan membuat keju tidak mudah rusak.

5. Menjaga Roti Tetap Segar dan Bebas Jamur Lebih Lama

Wadah plastik memang pilihan terbaik untuk menyimpan roti, tapi cara terbaiknya adalah membungkus dengan handuk dapur yang bersih dan menyimpannya dalam kotak roti atau microwave. Hal ini tidak hanya menghambat proses pembentukan yang lama kelamaan akan berjamur, tetapi juga membuatnya menjadi tetap lembut.

6. Menjaga Nutrisi Wortel

Jika wortel yang Anda beli memiliki batang di atasnya, potonglah sebelum disimpan karena batang akan mengambil semua nutrisi penting dan kelembapan pada wortel.

Tanpa batang, wortel Anda akan tetap segar dan sehat untuk waktu yang lebih lama, selain itu hindari menyimpannya di kantong plastik dan letakan di laci kulkas.

7. Menjaga Jamur Tetap Segar

Jika Anda membeli jamur dalam wadah plastik, segera keluarkan dari wadahnya, cuci kotoran yang tersisa dan keringkan. Setelah kering, bungkus dengan handuk dapur dan masukan ke dalam kantong kertas lalu dinginkan sampai Anda menggunakannya.

8. Menjaga Daging Tetap Segar Tanpa Membekukannya

Jika Anda tidak ingin membekukan daging dan berencana menggunakannya dalam beberapa hari ke depan, maka simak solusi sederhana ini. Tempatkan potongan daging dalam wadah plastik dan isi dengan minyak zaitun. Minyak ini akan mengawetkan daging dan membuatnya lebih enak. Hal ini hanya akan membuatnya segar dalam 3 hari.

9. Menjaga Lemon Tetap Segar selama Sebulan

Lemon harus disimpan dalam kantong plastik di kulkas. Dengan cara ini lemon akan tetap segar hingga satu bulan. Hanya saja jangan menumpuknya, karena lemon masih membutuhkan ruang cukup untuk menghirup udara.

10. Mengubur Daun Bawang di Tanah

Mengubur daun bawang di tanah adalah cara terbaik karena hal ini akan membuat bawang tetap segar selama berbulan-bulan, jangan lupa untuk menyiram tanah yang mengubur bawang.

11. Menggunakan Bungkus Plastik untuk Menjaga Pisang tetap Segar

Bungkus batang pisang dengan plastik, hal ini akan membuat buah pisang segar lebih lama.

 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Cara Cerdas Menjaga Kesegaran Stok Makanan saat Pandemi Corona