27/11/2020 14:32:09
Info Kesehatan

Agar Makan Malam Tetap Sehat untuk Tubuh, Perhatikan 3 Hal Ini!

Foto: Ilustrasi/Internet

Tak sedikit orang yang sengaja tidak mau makan malam karena takut menjadi gemuk. Padahal, makan malam tetap penting, lho. Bagaimana agar makan malam tetap sehat untuk tubuh?

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum makan malam. Pertama, pastikan memilih waktu yang tepat untuk makan malam.

Soal jam makan malam ini sebenarnya tidak ada patokan yang pasti karena kondisi kesehatan setiap orang berbeda-beda. Menurut ahli gizi dari Greene Health AS, Sydney Greene, prinsip jam makan malam yang baik menurut kesehatan adalah tidak terlalu mepet dengan jadwal tidur di malam hari.

’’Prinsipnya, selesaikan makan malam antara 2-3 jam sebelum tidur," kata Greene seperti dilansir EatThis.

Menurut dokter Green, jika aktivitas cukup padat dan malam malam baru sempat di penghujung hari atau mendekati tengah malam, seseorang tetap perlu menggunakan prinsip jeda tersebut.

’’Jika jeda 2-3 jam tidak memungkinkan, usahakan maksimal atur jam makan malam satu jam sebelum tidur," katanya.

Penelitian menunjukkan, jarak waktu antara makan malam dan tidur di malam hari minimal dua sampai tiga jam dapat menurunkan risiko kanker, resistensi insulin, dan peradangan. Lebih lanjut Dokter Green menjelaskan, jeda waktu antara dua sampai tiga jam antara makan malam dan tidur di malam hari memungkinkan tubuh mencerna seluruh makanan.

Lalu yang ke-dua adalah mengatur waktu untuk makan camilan. Menurut Green, Anda masih boleh makan camilan jika jarak antara waktu makan siang dan makan malam cukup jauh. Kebanyakan orang mengambil waktu makan siang di pukul 12.00 atau 13.00, sementara jadwal makan malam sekitar pukul 19.00 malam atau 20.00.

’’Saya sarankan untuk mengonsumsi makanan ringan sekitar pukul 15.00 atau 16.00 sore,’’ ujarnya.

Camilan tersebut utamanya untuk orang yang beraktivitas sampai larut malam dan menyempatkan olahraga sebelum tidur. Green menyebut camilan tersebut baiknya kurang dari 200 kalori, mengandung protein, dan minim gula seperti satu buah apel dan kacang-kacangan, atau kurma dan kacang-kacangan.

Hal ke-tiga yang perlu diperhatikan adalah tidak mengabaikan makan malam. Makan berlebihan dan makan malam terlalu dekat dengan jam tidur bisa mengganggu siklus tidur.

Begitu juga dengan tidak makan malam. Tidak makan malam dengan alasan terlalu lelah, enggan menambah berat badan, dan sebagainya bisa membuat Anda susah tidur.

Kondisi tersebut rentan membuat Anda terbangun di malam hari dalam keadaan sangat lapar. Selain itu, melewatkan makan malam juga membuat tubuh kehilangan nutrisi penting yang bisa digunakan untuk perbaikan dan pertumbuhan sel di dalam tubuh.

Intinya, makan malam tetap penting selama tidak berlebihan. Tetaplah mengonsumsi makanan sehat yang minim karbohidrat tapi tinggi protein tanpa lemak. Jangan lupa untuk tidak mengonsumsi makanan apapun termasuk camilan setelah makan malam. (*)

*Dari berbagai sumber

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Agar Makan Malam Tetap Sehat untuk Tubuh, Perhatikan 3 Hal Ini!