07/02/2014 14:50:04
Hati-Hati Penyakit Saat Banjir

Hati-Hati Penyakit Saat Banjir

Sobat dokterkecil.com, saat musim hujan datang, hati-hati akan ancaman penyakit menular di saat banjir. Beberapa penyakit menular yang harus diwaspadai dengan adanya banjir antara lain diare, demam berdarah, penyakit kulit, penyakit saluran cerna, dan infeksi saluran pernafasan atau ISPA.
 

Pada musim hujan dengan curah hujan yang tinggi, potensi banjir meningkat dan mengakibatkan banjir. Pada saat banjir, sumber-sumber air minum akan ikut tercemar. Saat banjir biasanya akan terjadi pengungsian dengan fasilitas dan sarana serba terbatas, termasuk ketersediaan air bersih. Itu semua dapat menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat.

Selain itu, penyakit kulit dapat berupa infeksi, alergi. Jika musim banjir datang, maka masalah utamanya adalah kebersihan yang tidak terjaga baik. Seperti juga pada ISPA, berkumpulnya banyak orang juga berperan dalam penularan infeksi kulit. Untuk mencegah penyakit kulit dan ISPA, rajin bersih-bersih anggota tubuh dan mandi, gunakan air yang bersih dan hindari kontak dengan orang yang sudah terkena penyakit kulit.

Nah sobat dokterkecil.com, agar terhindar dari penyakit yang datang saat banjir, yuk  menjaga perilaku hidup bersih sehat dengan makan yang baik dan bersih, istirahat yang cukup, serta mencuci tangan pakai sabun. Sebaiknya, cuci tangan dengan sabun ketika sebelum makan, sebelum mengolah makanan, setelah buang air besar, serta setelah berada lingkungan yang kotor.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Hati-Hati Penyakit Saat Banjir: Hati-Hati Penyakit Saat Banjir