07/04/2014 10:45:35
Kebiasaan yang Membahayakan Bagi Kesehatan

Kebiasaan Ini Lebih Mematikan Dari Merokok

Meningkatnya angka kematian diseluruh dunia, kini tidak lagi disebabkan oleh faktor penyakit menular. Penyakit tidak menular akibat kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok atau kurangnya aktivitas fisik, dapat menjadi pembunuh nomor satu di dunia loh.
 

Gaya hidup yang tidak sehat merupakan faktor utama penyebab berbagai penyakit yang mematikan seperti kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke dan penyakit jantung. Menurut pernyataan para ahli yang sudah dipublikasikan, ternyata kurangnya aktivitas fisik atau terlalu banyak duduk lebih berbahaya dari pengaruh buruk merokok.


Terlalu banyak duduk dinilai lebih mematikan daripada merokok hingga 10%. Padahal kebiasaan merokok saja telah banyak menyebabkan berbagai macam penyakit dan kematian, coba bayangkan seperti apa pengaruh yang lebih buruk dari itu akibat kurangnya aktivitas fisik.
Peneliti menemukan bahwa 6 sampai 10 persen dari penyakit ini terkait dengan ketidak aktifan seseorang selama 150 menit dalam seminggu. Bahkan, para peneliti mengatakan kurangnya aktivitas fisik tersebutlah yang menyebabkan 5,3 juta kasus kematian, dibandingkan dengan 5 juta kematian akibat merokok.


Nah sobat Dokterkecil.com, hal ini dapat diatasi dengan meningkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga 5 hari dalam seminggu selama paling sedikit 30 menit setiap kalinya. Pilihlah jenis olahraga ringan seperti berjalan dan sering-seringlah bangkit dari tempat duduk walaupun hanya untuk mengambil minum atau meregangkan otot tubuh. Cara tersebut dapat memerangi kematian yang disebabkan karena terlalu banyak duduk.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.
 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Kebiasaan yang Membahayakan Bagi Kesehatan: Kebiasaan Ini Lebih Mematikan Dari Merokok