10/06/2014 13:45:04
Serangga Kotor

Tips Mengusir Serangan Lalat

Siapa yang nggak jijik melihat lalat hinggap di makanan kita. Apalagi, binatang bersayap ini terkenal sering menghabiskan waktunya di tempat pembuangan sampah. Iih, jorok banget ya. Berbagai cara ditempuh agar si lalat pergi seperti menempatkan lem lalat atau memukulnya dengan sapu lidi.
 

Sobat Dokcil bisa mencoba tips sederhana agar si lalat pergi dan kesehatan kamu pun terjaga. Si lalat tak memiliki gigi atau rahang. Lalat itu membasahi permukaan yang padat dengan muntahnya, kemudian mereka menyedotnya lagi dan kadang mengeluarkan muntah dari makanan lama. Ini membuktikan si lalat begitu kotor.

Lalat dihubungkan dengan banyak penyakit seperti tifus dan disentri. Karena itu, sebaiknya kamu mengusir lalat. Karena lalat binatang sumber penyakit.

Apabila dibandingkan dengan beberapa hewan lainnya, mengusir lalat itu lebih sulit dibanding yang kamu bayangkan. Evolusi yang membuat lalat memiliki penglihatan yang sangat baik dan kemampuan terbang dalam kesulitan. Kamu yang pernah mencoba memukul lalat tentu tahu rasanya bukan? Amat sangat menjengkelkan.

Nih berikut beberapa tips supaya lalat jauh dari rumah kamu, simak baik-baik ya sobat :

1. Cari sumbernya

Lalat menyukai yang kotor, lembab, sampah, dan busuk. Lihatlah di sekitar rumah dan lingkungan kamu. Apakah ada daerah yang menarik lalat atau belatung berkembang? Kompos dari sampah, tempat pembuangan sampah, atau tempat penyimpanan bisa menjadi tersangka utamanya. Daerah seperti ini seharusnya dibersihkan atau ditutup jika memungkinkan.

2. Jangan biarkan

Lebih sulit mengusir lalat yang masuk ke rumah. Cobalah menutup kaca dan pintu di rumah kamu untuk mencegah lalat masuk. Atau jika kamu tak ingin mengorbankan sinar matahari dan udara segar, cobalah agar pintu dan jendela kamu ada kasanya.

3. Bersih

Lalat menyukai yang kotor-kotor dan tertarik dengan yang manis dan berbau busuk. Bersihkan semua permukaan dan pastikan mereka tidak lengket karena tumpahan atau sisa makanan. Pastikan sampah di dalam kantong yang terikat dan tempat sampah tertutup.

4. Tutup semua makanan

Kebersihan sangat penting untuk mengusir lalat. Menutup makanan tak hanya melindungi dari lalat, tapi juga dari mikroorganisme dan oksidasi. Lalat tertarik dengan buah yang matang, sehingga usahakan agar makanan ini tertutup. Selain itu, yang terutama tutup daging.

5. Aromaterapi

Semprotan kimia konvensional efektif, tapi ini juga beracun. Herbal merupakan pertahanan alami dari lalat. Salah satu trik untuk membuat lalat pergi dan direkomendasikan ahli adalah dengan kemangi dan menyimpannya di dekat pintu, tempat lalat masuk. Beberapa orang menyebutkan minyak esensial seperti lavender dan eucalyptus, efektif untuk mengusir lalat.

6. Perangkap

Ada banyak tips pintar untuk membuat lalat pergi, beberapa ada yang canggih. Salah satu yang dicoba adalah flypaper yakni kertas dengan lem aroma manis agar lalat terperangkap. Ada juga flyswatters, baik yang menggunakan listrik dan non-listrik.

Nah sekian tips mencegah serangan lalat di rumah, semoga bermanfaat ya sobat. Salam sehat Dokterkecil.com.
 

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.
 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Serangga Kotor: Tips Mengusir Serangan Lalat