06/04/2016 18:48:14
Info Kesehatan

Jeruk Nipis Rasanya Asam, Tapi Menyehatkan

Jeruk nipis yang memiliki nama latin Citrus Aurantifolia terkenal rasanya yang asam. Buah yang merupakan salah satu varian dari buah jeruk ini sudah lama dikenal oleh kita, terutama Ibu rumah tangga. Buah yang berukuran kecil ini, menjadi salah satu bumbu penambah rasa asam dalam masakan dan dapat menetralisir bau amis pada beberapa bahan makanan.

Sobat Dokcil pasti tahu bahwa banyak sekali aneka produk yang memanfaatkan ekstrak jeruk nipis sebagai salah satu bahan utamanya, seperti minuman, makanan ringan, permen, kosmetik, bahkan sabun untuk membersihkan peralatan dapur. Namun siapa sangka, ternyata selain rasa dan aromanya yang menyegarkan, ternyata jeruk nipis memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita loh sobat Dokcil. Berikut adalah ulasan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh :

 

1.       Meningkatkan kekebalan tubuh. Jeruk nipis kaya akan vitamn C, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

2.    Membantu lancarkan pencernaan. Jeruk nipis memiliki flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan yang tentunya dapat membantu fungsi sistem pencernaan dalam tubuh. Flavonoid juga merangsang gerak peristaltik.

3.     Solusi Pencegah Diabet. Jeruk nipis mengandung serat larut yang cukup melimpah. Serat larut tersebut berfungsi untuk mengatur kadar gula di dalam darah. Sehingga mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan risiko serius untuk pasien diabetes.

4.   Jantung yang lebih sehat dan kuat. Jeruk nipis berperan menurunkan tekanan darah, memusnahkan kolesterol jahat dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah yang mana berkontribusi besar pada makin menurunnya penyakit jantung maupun stroke.

5.    Pencegah dari gangguan sembelit. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah gangguan kesehatan yaitu sembelit. Sering minum air hangat dengan perasan jeruk nipis dapat merangsang dan mengatur gerakan usus sehingga menyembuhkan dari semua rasa sakit dan sembelit.

6.       Nutrisi untuk kulit. Air perasan jeruk nipis dapat meremajakan kulit dan membuatnya lebih bersinar, mengurangi bau badan serta menghilangkan ketombe yang menganggu kulit kepala anda.

7.       Menyehatkan organ mata. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang bertindak sebagai antiioksidan alami yang berperan melindungi fungsi mata dari umur yang terus bertambah plus penurunan penglihatan dimasa tua.

8.     Menurunkan berat badan. Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang berfungsi membantu membakar lemak dalam tubuh anda. Dalam hal ini, konsumsilah minuman hangat yang berasal dari campuran perasan jeruk nipis dua gelas sehari.

9.    Pertolongan pertama pada demam. Sumber vitamin C yang dimiliki jeruk nipis berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh akibat demam.

Itulah ulasan beberapa manfaat dari jeruk nipis. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan ya sobat Dokcil.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Jeruk Nipis Rasanya Asam, Tapi Menyehatkan