05/10/2017 10:11:25
Hari Peringatan

Hari Guru Sedunia

Setiap 5 Oktober, seluruh negara memperingati Hari Guru Sedunia atau World Theachers' Day. Lalu bagaimana sejarahnya hingga tanggal tersebut ditetapkan sebagai peringatan Hari Guru Sedunia? Hari Guru Sedunia diperingati setiap 5 Oktober sejak 1994. Tujuannya adalah untuk memberi dukungan pada guru di selu ruh dunia serta meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi di masa depan ditentukan oleh guru.

Organisasi pendidikan, keilmuan dan kebudayaan yang didirikan oleh PBB atau biasa disebut UNESCO mengungkapkan, Hari Guru Sedunia mewakili sebuah pemahaman, kepedulian dan apresiasi yang ditujukan terhadap peran vital guru, yakni mentransfer ilmu pengetahuan dan membangun generasi muda. Education International (EI), sebuah federasi yang mewakili pengajaran profesional di seluruh dunia, yakin bahwa Hari Guru Sedunia harus dikenal dan dirayakan di seluruh dunia. EI juga percaya bahwa prinsip-prinsip Rekomendasi 1966 dan 1997 harus dipertimbangkan untuk diimplementasikan ke seluruh dunia.

Lebih dari seratus negara memperingati Hari Guru Sedunia. Dorongan bagi Education International dan 401 lebih anggotanya telah berkontribusi pada tersebarnya prinsip ini. Setiap tahun, EI melakukan kampanye kesadaran masyarakat untuk menerangkan kontribusi profesi pengajar. Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) percaya bahwa pendidikan, budaya dan komunikasi adalah sarana dalam membangun perdamaian.

Pada 5 Oktober 1994, UNESCO meresmikan Hari Guru Sedunia untuk memusatkan perhatian pada kontribusi dan prestasi guru, serta untuk menyoroti kekhawatiran dan prioritas guru mengenai pendidikan. 5 Oktober dipilih untuk memperingati Hari Guru Sedunia karena di tanggal tersebut pada tahun 1966, sebuah konferensi antarpemerintah khusus telah mengadopsi rekomendasi UNESCO mengenai status guru.

Selain Hari Guru Sedunia pada 5 Oktober, ada pula Hari Guru yang diperingati masing-masing negara sesuai latar belakang sejarah dan sosial masing-masing. Di Indonesia sendiri, peringatan Hari Guru Nasional jatuh setiap 25 November bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (HUT PGRI).

Maka dari itu sahabat dokcil, mari kita terus menerapkan rasa hormat terhadap guru-guru disekolah dan mengapresiasi mereka dengan terus belajar dengan rajin demi keberhasilan generasi kita dan semua kawan-kawan kita di masa depan.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Hari Peringatan: Hari Guru Sedunia