20/04/2020 17:34:48
Info Kesehatan

Hati-hati! Kadang Gejala Kanker Lidah Tidak Disadari

Beredar berita duka dari keluarga komedian Nunung, yaitu Ibunda tercinta meninggal dunia hari ini. Penyebab meninggalnya karena penyakit kangker lidah yang dideritanya.

Kanker lidah merupakan penyakit kanker yang tumbuh dan berasal dari jaringan lidah. Dilansir dari AloDokter, kondisi tersebut dapat ditandai dengan sariawan, munculnya bercak-bercak berwarna merah atau putih pada lidah, dan sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh.

Terkadang penderita tidak menyadari bahwa keluhan yang dialaminya merupakan gejala kanker lidah. Kelainan ini umumnya baru ditemukan oleh dokter gigi saat melakukan pemeriksaan rutin atau pemeriksaan gigi karena masalah lain. Kanker lidah berkembang dari jaringan lidah yang mengalami kelainan dan tumbuh secara tidak normal.

Gejala Kanker Lidah

Gejala utama yang muncul pada penderita kanker lidah adalah munculnya bercak berwarna merah atau putih pada lidah, dan sariawan yang tidak kunjung reda setelah beberapa minggu. Gejala kanker lidah lainnya yang dapat muncul adalah:

-        Sakit tenggorokan dan nyeri saat menelan yang berlangsung terus-menerus.

-   Muncul benjolan di daerah mulut dan leher, akibat pembengkakan kelenjar getah bening.

-        Rasa kebas dalam mulut yang tidak kunjung hilang.

-        Perdarahan pada lidah tanpa sebab yang jelas.

-        Sulit menggerakkan rahang.

-        Penurunan berat badan secara drastis.

-        Perubahan pada suara dan berbicara.

Penyebab Kanker Lidah

Kanker lidah terjadi akibat adanya perubahan atau mutasi genetik pada sel-sel jaringan lidah. Mutasi genetik ini menyebabkan sel tumbuh abnormal serta tidak terkendali, dan menjadi sel kanker. Namun, penyebab mutasi genetik ini sendiri belum diketahui secara pasti.

Laki-laki berusia di atas 50 tahun yang anggota keluarganya menderita kanker lidah lebih berisiko menderita penyakit ini. Selain itu, beberapa faktor berikut juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lidah:

-       Merokok
Kebiasaan merokok atau mengonsumsi tembakau, meskipun bukan dalam bentuk rokok, dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lidah akibat paparan zat pemicu kanker (karsinogenik) yang terdapat di dalam tembakau.

-       Konsumsi minuman keras (alkohol)

Orang yang sering minum alkohol dalam jumlah banyak lebih berisiko mengalami kanker lidah.

-       Infeksi Human papillomavirus (HPV)

Walau jarang terjadi, HPV dapat menyebabkan pertumbuhan jaringan abnormal di dalam mulut, sehingga memicu kanker. Infeksi HPV di dalam mulut dapat menyebar melalui hubungan seksual secara oral.

-       Kesehatan rongga mulut yang tidak baik

Kanker lidah juga dapat dikaitkan dengan bentuk gigi yang tidak rata, kasar, dan bergerigi, serta bentuk gigi palsu yang tidak sesuai.

-       Pola makan yang tidak sehat

Kurang mengonsumsi buah dan sayur atau memiliki pola makan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lidah.

Dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap 3 bulan hingga 2 tahun sekali, tergantung kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda. Melakukan perawatan rutin ke dokter gigi juga penting karena kanker lidah lebih berisiko terjadi pada seseorang yang kesehatan mulutnya tidak terjaga,

Keluhan yang dianggap tidak berbahaya, seperti sariawan atau sakit tenggorokan, bisa menjadi tanda dari kanker lidah. Segera periksakan diri ke dokter jika gejala-gejala tersebut berlangsung lebih dari tiga minggu, terutama jika Anda adalah perokok atau sering mengonsumsi minuman beralkohol.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Hati-hati! Kadang Gejala Kanker Lidah Tidak Disadari