01/05/2020 13:47:37
Info Kesehatan

Awas! Jangan Lengah, Covid-19 Pintar Menyamar

Foto: Internet/Ilustrasi

Seorang Motivator Kesehatan, Dr Hendrawan Nadesul, mengingatkan agar masyarakat selalu waspada terkait virus Covid-19. Sebab, virus ini disebut penyakit ’’seribu wajah’’ dan sangat pintar menyamar. Mengapa demikian?


Menurut pria yang akrab disapa Han ini, Covid-19 menimbulkan reaksi tubuh yang berbeda-beda pada setiap orang. Sebagian orang merasakan keluhan atau gejala yang sangat berat atau kritis, berat, sedang, ringan, dan bahkan ada juga yang tidak mengalami gejala sama sekali.

"Kita anggap dia (seseorang) itu normal (sehat), dan kita mendekatinya. Tapi ternyata dia bisa positif terinfeksi Covid-19 ini," ujar Han seperti dikutip dari Kompas.com.

Han menjelaskan, Covid-19 ini disebut penyakit seribu wajah karena gejala yang beragam dan dari muncul dari berbagai organ tubuh. Covid-19 sejauh ini diketahui tidak hanya menginfeksi saluran pernapasan, tetapi hampir semua anggota tubuh yang memiliki reseptor ACE2 dapat terinfeksi virus SARS-CoV-2 ini.

"Bisa saja gejalanya seperti diare. Tapi, orang tersebut sampai diarenya berlebihan, ternyata dia kena (terinfeksi) virus (SARS-CoV-2)," tuturnya.

Gejala diare yang timbul sebagai bentuk reaksi infeksi Covid-19 ini menandakan gangguan pada pencernaan. Gangguan lain juga bisa terjadi pada selaput radang otak yang biasanya dikenal dengan meningitis. Han mengatakan, ada pasien yang awalnya dikira meningitis, karena gejalanya mirip dengan meningitis.

Ternyata justru pasien tersebut terinfeksi Covid-19. Ada pula beragam gejala atau keluhan pada organ lainnya selain saluran pernapasan yang sudah banyak dilaporkan oleh pasien positif Covid-19 dari seluruh dunia.

Perlu diketahui, tubuh manusia memiliki reseptor ACE2 sebagai inang virus corona jenis SARS-CoV-2 yang ada di beberapa organ. Diantaranya adalah mukosa oral dan nasal, nasofaring, paru, lambung, usus halus, usus besar, kulit, limfe, timus, sumsum tulang, limpa, hati, ginjal, otak, sel epitel (paru, alveolar paru, usus halus), sel otot polos, sel enterosit usus halus, dan sel endotelarteri vena.

Itu sebabnya, Han mengingatkan, jika Anda memiliki gangguan atau keluhan seperti infeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19, sebaiknya terapkan pembatasan jarak aman. Gunakan masker, rajin cuci tangan, dan cuci apa pun yang dikenakan saat berada di luar rumah sebelum bercengkerama dengan keluarga agar terhindar dari Covid-19. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Awas! Jangan Lengah, Covid-19 Pintar Menyamar