11/06/2020 10:28:32
Lawan Covid-19

Tak Hanya Masker, Wajah dan Mata pun Perlu Pakai Pelindung

Foto: Internet/Ilustrasi

Tak hanya masker, saat ini mengenakan pelindung wajah (face shield) dan kacamata google juga penting untuk mencegah penularan virus Covid-19. Sebab, beberapa bukti sudah menunjukkan bahwa virus tersebut bisa ditularkan melalui mata.


Para ahli menyarankan, pelindung mata dan wajah sebaiknya dipakai dalam beraktivitas sehari-hari, bagi mereka yang berisiko tinggi. Orang yang berisiko tinggi tersebut diantaranya adalah lansia, memiliki penyakit penyerta, dan petugas medis.

Sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal The Lancet meninjau risiko penularan virus jika seseorang menerapkan jarak sosial, mengenakan pelindung wajah atau face shield, masker, dan penutup mata.

Secara khusus, studi tersebut menunjukkan mengenakan pelindung wajah dan kacamata dikaitkan dengan risiko infeksi yang lebih rendah dibandingkan tidak mengenakan penutup mata. Jika mengenakan pelindung mata, risiko turun menjadi 6 persen dari 16 persen.

’’Ini adalah rekomendasi saya bahwa jika menangani pasien, kami (tenaga medis) harus mengenakan masker, face shield, dan tetap menjaga kebersihan tangan,’’ kata kepala pencegahan infeksi di South Shore Health seperti dikutip dari ABC News.

Menurut beberapa studi, selain orang berisiko tinggi tertular, penggunaan pelindung wajah dan mata juga merupakan pilihan yang lebih baik bagi seseorang saat beraktivitas sehari-hari, terutama jika hendak mengunjungi tempat yang berisiko mendatangkan banyak orang seperti supermarket dan pusat perbelanjaan.

’’Memakai pelindung mata dalam situasi berisiko tinggi tampaknya lebih bijaksana. Kacamata dapat memberikan perlindungan tambahan,’’ kata Dr. Vincente Diaz, spesialis imunologi mata dan infeksius, di Yale University School of Medicine.

Sampai saat ini peneliti masih terus mempelajari tentang virus Corona. Dari apa yang diketahui, penyakit tersebut sangat menular dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui banyak jalur.

Perlu digarisbawahi pun jika mengenakan pelindung mata atau face shield, langkah-langkah mitigasi transmisi lainnya seperti mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial tetap harus dilakukan.

Jika mengacu pada uraian para ahli, mungkin sudah waktunya kita juga menyiapkan pelindung wajah dan mata, khususnya di Jakarta. Bagi Anda yang terpaksa harus menggunakan moda transportasi commuter line, misalnya, alangkah lebih baik jika mengenakan perlindungan semaksimal mungkin. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Lawan Covid-19: Tak Hanya Masker, Wajah dan Mata pun Perlu Pakai Pelindung