25/06/2020 11:48:59
Info Kesehatan

Begini Lho Cara Covid-19 Menular Lewat Mata

Foto: Internet/Ilustrasi

Secara biologis, penularan Covid-19 melalui mata mungkin saja bisa terjadi. Para pakar medis pun terus melakukan penelitian terkait kemungkinan ini. Lalu, bagaimana cara Covid-19 menular lewat mata?


Perlu diketahui, ada lapisan tipis di area putih mata bernama konjungtiva. Menurut Elia Duh MD, seorang peneliti dan profesor di bidang oftalmologi dari Johns Hopkins School of Medicine, konjungtiva bisa terinfeksi oleh virus.

''Konjungtiva bisa terinfeksi oleh virus-virus lain seperti adenovirus yang berkaitan dengan pilek, serta virus herpes simplex," ujar Duh seperti dikutip WebMD.

Oleh karena itu, SARS-CoV-2 juga memiliki kemungkinan yang sama untuk bisa menginfeksi area tersebut.

Ada banyak cara yang bisa membuat SARS-CoV-2 menginfeksi area konjungtiva. Salah satunya adalah ketika droplet orang yang terinfeksi Covid-19 mengenai mata.

''Sebagai tambahan, orang-orang sering menggosok dan menyentuh mata mereka. Jadi sudah jelas ada kerentanannya," kata Duh.

Duh dan rekan peneliti dari Johns Hopkins telah melakukan studi untuk mengetahui apakah SARS-CoV-2 dapat menginfeksi mata. Dalam studi ini, Duh dan timnya memeriksa post mortem 10 mata serta lima sampel konjungtiva dari partisipan yang tidak menderita Covid-19.

Dalam studi ini, Duh dan timnya ingin melihat apakah sel-sel di permukaan mata memproduksi reseptor kunci untuk virus corona, yaitu reseptor ACE2. Sebagai informasi, SARS-CoV-2 bisa memasuki sebuah sel bila sel tersebut memiliki reseptor ACE-2 di permukaannya.

''Sehingga virus corona bisa menempel di situ dan mendapatkan jalan masuk ke dalam sel," terang Duh.

Hasil studi menunjukkan bahwa ACE2 ditemukan di semua permukaan sel dari semua spesimen. Duh dan timnya juga menemukan bahwa sel-sel permukaan mata juga memproduksi TMPRSS2 yakni enzim yang membantu virus untuk masuk ke dalam sel.

''Semua bukti ini tampaknya menunjukkan bahwa ada kemungkinan besar bahwa sel-sel permukaan mata rentan terinfeksi oleh virus corona," jelas Duh.

Bila hal ini benar, virus SARS-CoV-2 bisa bertransmisi melalui saluran air mata yang menghubungkan mata dengan rongga hidung. Dari situ, virus lalu menginfeksi sel-sel pernapasan.

Hingga saat ini, banyak doker yang meyakini bahwa Covid-19 bisa ditularkan melalui mata. Akan tetapi, metode penularan yang paling sering terjadi adalah melalui mulut dan saluran hidung. Alasannya, di area tersebut ada jaringan mukosa yang dapat menjadi "pintu masuk" bagi virus.

Saat ini, peneliti juga sedang mencari tahu apakah orang-orang yang terkena Covid-19 bisa menularkan penyakit tersebut melalui air mata atau sekresi mata. Alasannya, virus SARS-CoV-2 telah ditemukan di air mata dan juga spesimen swab konjungtiva.

"Bila seseorang menggosok mata mereka lalu menyentuh orang lain atau menyentuh permukaan benda, mekanisme transmisi itu bisa terjadi," jelas Duh.

Pro kontra

Hingga saat ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS belum secara spesifik menganjurkan masyarakat untuk menggunakan pelindung mata ketika berada di ruang publik. Namun, di lingkungan layanan kesehatan, CDC sudah merekomendasikan penggunaan pelindung mata untuk para petugas kehatan untuk mencegah transmisi melalui droplet.

Direktur Uveitis Clinic di National Eye Institute H Nida Sen MD, mengatakan, saat ini pihaknya belum menemukan cukup data yang menunjukkan bahwa masyarakat perlu menutupi mata mereka. Dalam keseharian, Sen hanya menggunakan goggle ketika harus memeriksa mata pasiennya, tapi tidak jika hanya pergi ke tempat umum.

Sementara itu, ahli virologi Joseph Fair PhD meyakini bahwa Covid-19 bisa menular lewat mata. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadinya yang terkena virus tersebut setelah melakukan perjalanan udara dengan pesawat.

Saat itu, Fair menggunakan alat pelindung diri berupa masker dan sarung tangan, tapi tidak memakai pelindung mata. Menurut Fair, ketika itu pramugari yang bertugas tidak menggunakan masker. Itu sebabnya Fair merasa yakin bahwa dirinya tertular Covid-19 melalui mata.

Berkaca dari pengalamannya, Fair menilai penting bagi orang-orang untuk mulai menggunakan pelindung mata. Fair mengatakan alat pelindung mata dapat membantu orang-orang untuk lebih terlindungi dari risiko penularan Covid-19. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Begini Lho Cara Covid-19 Menular Lewat Mata