07/08/2020 16:34:20
Info Kesehatan

Cara Mudah Sterilisasi Botol Susu Bayi

Foto: Internet/Ilustrasi

Salah satu langkah penting sebelum memberikan susu melalui botol adalah memastikan higienitasnya. Oleh karena itu, setelah dicuci, botol susu perlu melalui proses sterilisasi. Seperti apa?

Perlu diingat bahwa botol yang tidak steril bisa menyebabkan kuman berkembang dan akhirnya mengontaminasi susu bayi. Akibatnya, si kecil bisa terkena infeksi perut, apalagi sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna.

Nah, berikut adalah beberapa cara mudah untuk sterilisasi botol susu.

Rebus dengan air mendidih

Zaman orang tua dulu, mereka tidak perlu alat khusus untuk sterilisasi botol susu. Cukup dengan merebusnya di panci khusus. Caranya pun cukup mudah. Isi panci dengan air yang cukup, celupkan botol yang sudah dicuci bersih (jangan ada sisa sabun) secara terbalik, pastikan tidak ada gelembung udaranya, lalu rebus sampai mendidih selama lima menit. Setelah itu angkat botol dengan menggunakan penjepit dan tempatkan di atas lap kering dan biarkan sampai mengering.

Dipanaskan dengan microwave

Ya, microwave di rumah bisa digunakan untuk sterilisasi botol bayi. Namun yang perlu diperhatikan, pastikan microwave dalam keadaan bersih, tidak ada sisa-sisa makanan. Bersihkan juga dengan sabun khusus bayi supaya microwave aman digunakan. Namun pastikan botol susu yang digunakan terbuat dari bahan yang aman bila dimasukkan ke dalam microwave.

Setelah microwave dibersihkan, taruh botol yang sudah diisi air bersih sampai setengahnya. Nyalakan microwave dengan mengatur suhu yang tinggi selama satu hingga dua menit. Selanjutnya, keluarkan botol dari microwave, buang sisa airnya lalu keringkan di atas lap kering yang bersih.

Menggunakan uap listrik

Sekarang sudah banyak merek yang menjual sterelisasi uap listrik. Sterilisasi dengan uap juga bisa mencapai suhu yang lebih tinggi daripada air mendidih sehingga dapat membunuh lebih banyak bakteri dan jamur. Ingat, sebelum memasukkan ke dalam alat sterilisasi, pastikan bagian botol sudah dibersihkan dengan baik dan tidak ada sisa sabun yang ikut.

Tablet Sterilisasi

Tablet sterilisasi untuk bayi sudah bisa ditemui di toko khusus barang bayi. Ini merupakan cara termudah jika tidak ada alat yang bisa digunakan untuk sterilisasi. Tablet sterilisasi berbasis food-grade dan sama efektifnya dalam menghilangkan bakteri serta jamur seperti cara sterilisasi yang lain asal mengikuti instruksi penggunaan pada kemasan untuk hasil yang maksimal. Tablet sterilisasi sangat efektif jika dalam kondisi bepergian (dalam perjalanan).

Sterilisasi UVI cube

Ini bisa dibilang alat sterilisasi yang paling mahal, tapi juga paling efektif. Sinar UV dari UVI cube dipercaya bisa menghilangkan 99 persen bakteri dan jamur. Selain itu, alat UVI cube juga mampu untuk mensterilkan banyak botol sekaligus. Dua rak di dalam alatnya bisa digunakan untuk tujuh botol bayi plus mainan.

Mudah bukan? Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak sterilisasi botol susu bayi Anda. Tidak perlu dilakukan terlalu sering, apalagi jika material botol terbuat dari plastik. Meski sudah berlabel BPA, tetap saja berbahaya jika terus menerus dipanaskan.

Yang pasti, untuk pemakaian pertama kali, sterilisasi sangat penting dilakukan. Sterilisasi botol susu perlu dilakukan lebih sering ketika bayi sedang sakit atau lahir prematur. (*)

*Dari berbagai sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Cara Mudah Sterilisasi Botol Susu Bayi