12/08/2020 11:48:02
Info Kesehatan

Saat Daya Tahan Tubuh Melemah, Istirahatlah!

Foto: Internet/Ilustrasi

Ketika Anda merasa tidak enak badan, lemah, lesu, atau mengalami sakit di beberapa bagian tubuh, maka istirahatlah! Bisa jadi itu merupakan pertanda daya tahan tubuh Anda sedang melemah.


Saat ini kita memasuki musim pancaroba dengan perubahan cuaca yang tidak menentu. Femonena ini bisa membuat tubuh manusia lebih rentan terhadap penyakit, apalagi pandemi Covid-19 belum berakhir.

Oleh karena itu, jika dirasa tubuh sedang tidak enak, sebaiknya hentikan semua aktivitas rutin dan berisitrahatlah dengan benar. Hal ini penting untuk menghindari kondisi kesehatan yang makin memburuk.

Nah, agar kita senantiasa sehat selama pandemi Covid-19 dan di musim pancaroba, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

Selalu higienis

Pertama yang harus dilakukan adalah kepedulian akan kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Pastikan mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah dari toilet, setelah bepergian, dan jika tangan kotor. Jangan lupa untuk mengganti pakaian atau segera mandi setelah berpergian ke luar rumah.

Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan

Bersihkan tempat-tempat yang memungkinkan kuman bersarang, seperti sela-sela lemari, belakang hiasan dinding, dan bagian dalam gorden. Bagi Anda yang juga bekerja, jaga kebersihan lingkungan kerja seperti meja kantor dengan cairan disinfektan.

Istirahat yang cukup

Miliki waktu tidur yang cukup. Jangan biasakan untuk begadang. Jika sudah terserang demam, flu, atau diare, pastikan Anda banyak beristirahat. Berdiam diri di rumah dan minimalkan aktivitas akan membantu tubuh untuk recovery dengan baik.

Singkirkan pekerjaan dan jauhkan diri sementara dari ponsel, supaya Anda mendapatkan istirahat yang maksimal.  Pastikan tubuh terhidrasi dengan benar Kekebalan tubuh harus dimiliki untuk membentengi diri dari ancaman berbagai penyakit.

Hidrasi dengan air mineral

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan hidrasi sehat lewat konsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup. Mengonsumsi air mineral dalam jumlah yang memadai juga mempunyai manfaat besar untuk membantu fungsi dan sistem organ tubuh seperti jantung, otak, dan otot berjalan baik.

Karena itu, pastikan konsumsi air mineral Anda terjaga dengan baik, pun saat udara dingin yang membuat rasa haus hilang. Selain itu, saat tubuh demam atau flu, rasa haus juga terkadang terabaikan.

Padahal, hidrasi sehat dalam jumlah yang tepat sangat penting untuk mengurangi risiko dehidrasi. Apalagi saat demam, tubuh akan mengeluarkan keringat sehingga membutuhkan cairan yang lebih banyak.

Atau saat hidung tersumbat, maka Anda akan bernapas melalui mulut. Saat inilah Anda akan kehilanganan air lebih banyak yang keluar melalui mulut dibandingkan dengan bernapas melalui hidung. Kehilangan air lebih dari satu persen berat tubuh, bisa berdampak terhadap penurunan kemampuan fisik dan kognitif tubuh.

*Dari berbagai sumber

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Saat Daya Tahan Tubuh Melemah, Istirahatlah!