19/08/2020 11:49:50
Info Kesehatan

Tips Cegah Covid-19 untuk Pekerja Kantoran

Pandemi Covid-19 masih belum usai. Kasus penularan Covid-19 masih terus meningkat. Perkantoran menjadi cluster baru penularan virus tersebut.

Mencegah penularan Covid-19 di kantor tidak hanya dilakukan selama duduk di ruangan, tapi sejak menuju ataupun pulang dari kantor. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sudah mempersiapkan berbagai tips dan cara pencegahan virus corona bagi para karyawan yang sudah harus bekerja di kantor, sebagai berikut ini. TBerkut tips mencegah virus corona bagi karyawan kantor dikutip dari Tempo.co:

 1. Selama perjalanan

Saat Anda sedang menuju ke kantor, berbagai protokol kesehatan untuk mencegah virus corona tetap harus dilakukan. Sebab, virus corona tidak hanya bisa menyebar di kantor, tapi di jalanan yang Anda lewati saat menuju ke sana.

Beberapa upaya yang bisa dilakukan, selama di perjalanan pastikan Anda dalam kondisi sehat. Jika ada keluhan batuk, pilek, demam jangan berangkat ke kantor. Tetap menggunakan Gunakan masker. Hindari penggunaan transportasi umum sebisa mungkin. Namun jika terpaksa, jagalah jarak 1 meter dengan penumpang lain, jangan menyentuh fasilitas umum, gunakan hand sanitizer, pakai helm sendiri saat mengendarai motor, lakukan pembayaran non-tunai, dan jangan menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan yang kotor.

2. Selama di kantor

Mencegah virus corona di dalam kantor, sama pentingnya dengan mencegah virus corona di luar sana. Berbagai upaya pencegahan yang bisa dilakukan karyawan perkantoran saat tiba, segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Lalu menggunakan siku untuk membuka pintu dan menekan tombol lift. Tidak berkerumun dan menjaga jarak di lift dengan posisi sambil membelakangi. Bersihkan meja atau area kerja dengan disinfektan. Sebisa mungkin tidak menyentuh fasilitas maupun peralatan yang dipakai bersama di kantor. Selalu gunakan hand sanitizer jika tidak ada sabun dan air mengalir. Jaga jarak dengan rekan kerja minimal 1 meter. Usahakan aliran udara dan sinar matahari masuk ke ruang kerja. Biasakan tidak berjabat tangan. Tak lupa menggunakan masker setiap waktu.

Jangan biarkan suasana di kantor membuat Anda lupa dengan berbagai protokol kesehatan untuk mencegah virus corona. Jika Anda mulai menyepelekan, risiko masuknya Covid-19 ke dalam tubuh bisa meningkat.

3. Saat tiba di rumah

Demi kesehatan Anda dan keluarga tercinta, ada berbagai upaya pencegahan virus corona saat pulang dari kantor. Tidak bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum mandi dan ganti pakaian Cuci pakaian dan masker dengan deterjen, jika Anda mengenakan masker kain. Masker sekali pakai harus segera dirobek dan dibasahi dengan disinfektan sebelum dibuang. Jangan lupa membersihkan handphone, kacamata, dan tas dengan disinfektan.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tips Cegah Covid-19 untuk Pekerja Kantoran