24/09/2020 10:55:09
Info Kesehatan

Tunda Kehamilan Selama Pandemi, Pakai Kontrasepsi yang Sesuai Kondisi!

Foto: Internet/Ilustrasi

Beberapa waktu lalu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN) memperkirakan angka kehamilan selama pandemi Covid-19 akan mengalami peningkatan. Padahal, jauh lebih baik jika kehamilan bisa ditunda.


Peningkatan angka kehamilan ini menurut BKKBN karena meningkatnya intensitas suami-istri berada di rumah. Selain itu, juga karena adanya penurunan penggunaan alat kontrasepsi hingga mencapai 40 persen.

Padahal apabila angka kehamilan mengalami pelonjakkan tentu akan berdampak pada populasi dan demografi masyarakat. Karena itu BKKBN meminta masyarakat untuk menunda kehamilan di masa-masa sulit ini.

Lalu, apa saja jenis kontrasepsi yang tepat untuk digunakan?

Menurut Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, pada dasarnya semua kontrasepsi bisa dipakai selama cocok bagi penggunanya.

’’Ini tergantung kondisi masing-masing. Mulai dari pil, susuk (implan), IUD, atau penggunaan hormon-hormon lainnya tidak ada masalah saat pandemi Corona,’’ kata Hasto dalam live Instagram Klikdokter bersama BKKBN, beberapa waktu lalu.

Hanya saja, pada saat pandemi Covid-19 ada beberapa kendala yang terjadi di lapangan. Misalnya, dokter kebidanan dan kandungan maupun bidan yang biasa menangani, tidak praktik.

’’Mau suntik tapi bidannya enggak buka, ini kan suatu kendala. Sebagai gantinya bisa pakai pil sebenarnya,’’ kata Hasto.

Bagi yang biasa menggunakan kontrasepsi suntik tiga bulan sekali yang berisi progesteron, pastikan saat pindah menggunakan pil yang berbasis progesterone juga. Hal ini penting agar tidak mengganggu siklusnya.

Sementara itu bagi yang menggunakan alat kontrasepsi susuk, bila masa berlaku sudah habis harus segara diganti karena bisa terjadi kehamilan. Jika tidak sempat pasang susuk, kata Hasto, bisa diganti dengan suntik atau konsumsi pil.

’’Bagi yang menggunakan spiral atau IUD, bila batas waktu sudah lewat satu atau dua minggu masih aman,’’ ucapnya. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tunda Kehamilan Selama Pandemi, Pakai Kontrasepsi yang Sesuai Kondisi!