06/11/2020 11:42:06
Info Kesehatan

Meracik Obat Batuk Alami untuk Anak

Foto: Internet/Ilustrasi

Batuk yang menyerang anak biasanya disebabkan kebiasaan makan yang salah, atau karena infeksi virus. Meski bukan tergolong penyakit berbahaya, tetap saja anak akan merasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Obat batuk anak memang banyak dijual di apotek, namun ada baiknya Anda mencoba meracik obat dari bahan-bahan yang alami. Obat batuk alami memiliki banyak khasiat, dan tidak memberikan efek samping pada tubuh.

Berikut tips meracik obat batuk dari tujuh bahan alami yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Madu

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa madu lebih baik dari obat-obatan untuk melegakan batuk yang terjadi pada anak-anak sebagaimana yang dilansir dari parents.com. Madu memiliki antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu melawan radikal bebas dan virus. Madu juga dapat membantu melegakan tenggorokan anak ketika batuk menyerang. Di sisi lain, rasanya yang manis akan membuat si kecil senang mengonsumsinya.

2. Lemon

Buah kuning dan asam ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, tidak terkecuali untuk mengobati batuk pada anak. Mengutip thehealthy.com, lemon dapat membantu memecahkan lendir dan mengeluarkannya ketika anak batuk. Tidak hanya itu, ia juga mampu melegakan tenggoroan dengan mudah dan cepat.

Lemon juga kaya akan kandungan vitamin C yang amat baik bagi tubuh. Vitamin ini dapat membantu tubuh menghindari serangan bakteri dan virus, termasuk virus penyebab batuk. Untuk flu dan batuk, anak dapat meminum lemon 2-3 kali sehari. Untuk mengurangi rasa asam pada lemon, Anda bisa menambahkan madu.

3. Jahe

Jahe merupakan obat alami yang berkhasiat untuk menangani batuk kering. Rempah-rempah ini mempunyai formula antiperadangan yang sangat membantu mengurangi intensitas batuk. Sifat hangat yang dihasilkan jahe juga membantu melegakan tenggorokan yang kering dan gatal.

Salah satu cara terbaik mengonsumsi jahe sebagai obat batuk adalah dengan menyeduhnya ke dalam secangkir air hangat. Anda juga dapat menambahkan madu dan perasan lemon untuk membuatnya lebih berkhasiat.

4. Nanas

Buah nanas memiliki rasa yang manis dan segar ketika dikonsumsi. Tidak hanya itu, ternyata buah ini juga sangat bermanfaat untuk meredakan batuk.

Melansir dari medicalnewstoday.com, buah nanas memiliki enzim bromelain yang terdapat sangat banyak pada intinya. Enzim bormelain bersifat anti-inflamasi membuatnya dapat memecah lendir di tenggorokan dan mengeluarkannya dari tubuh. Secara tidak langsung, enzim bromelain dalam nanas dapat menekan batuk. Akan tetapi, jika anak memiliki alergi terhadap bromelain, sebaiknya obat ini tidak diberikan.

5. Daun Saga

Tidak banyak yang tahu kalau daun saga ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Daun yang memiliki nama lain Abrusprecatorius dapat membantu meredakan batuk yang terjadi pada anak.

Daun saga dikenal memiliki bahan ekspektoran yang mana dapat membantu melonggarkan lendir di tenggorokan. Bahan ini juga membantu melegakan tenggorokan dan menghilangkan serak-serak.

Daun saga sebaiknya dikonsumsi dengan cara meminum air rebusannya. Caranya, ambil satu genggam daun saga, lalu cuci hingga bersih, dan rendam dalam air panas. Saring air rebusan agar daun terpisah dari air, lalu minumlah.

6. Sup ayam

Mengonsumsi makanan atau minuman hangat selalu dapat membantu melegakan tenggorokan, khususnya ketika batuk. Salah satu makanan hangat yang dapat menjadi obat batuk alami ialah sup ayam. 

Menurut beberapa penelitian, sup ayam dapat membantu melawan batuk dan flu. Makanan ini membantu mengencerkan lendir pada tenggorokan yang menganggu. Selain itu, sup ayam juga memiliki efek anti-inflamasi ringan yang membantu meringankan gejala batuk.

Bahan lainnya yang terdapat dalam sup seperti bawang dan sayuran juga sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak ada salahnya Anda memasak makanan sehat satu ini ketika anak batuk.

7. Asam Jawa

Asam jawa yang biasa digunakan untuk masakan ternyata memiliki khasiat mengobati batuk. Kandungan acid dalam asam jawa dapat mengobati batuk. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga berkhasiat mengobati demam dan kembung.

Anda dapat mengolah asam jawa menjadi minuman hangat sebagai obat batuk. Caranya cukup mudah, seduh asam jawa dengan segelas ai hangat lalu tambahkan gula merah. Gula merah sendiri dapat meningkatkan khasiat dari asam jawa. Terakhir, minumlah seduhan tersebut selagi hangat.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Meracik Obat Batuk Alami untuk Anak