03/12/2020 11:43:01
Info Kesehatan

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Masker Kain? Kenali Tanda Berikut!

Foto: Redaksi Dokcil

Meski berbahan kain, masker tetap menjadi variabel penting selama pandemi Covid-19. Akan tetapi, masker kain pun punya batas waktu pemakaian. Apa saja tanda masker kain perlu diganti?

Menggunakan masker selama pandemi, sangatlah penting. Ingatlah selalu dengan slogan: maskerku menjagamu, maskermu menjagaku. Tidak perlu memaksakan diri untuk memakai masker medis karena dengan masker kain pun selama memenuhi standar kesehatan, cukup aman kok.

Akan tetapi, agar tetap higienis, masker kain harus lah rutin dicuci. Jika memang sudah waktunya dibuang, ya tentu harus diganti baru.

Berikut adalah tanda masker kain yang kamu gunakan perlu diganti baru:

Talinya mengendur

Mungkin bahan maskernya masih terlihat baik-baik saja, namun tidak dengan talinya. Tali yang kendur bisa disebabkan oleh pemakaian yang sudah terlalu sering, atau bahan yang kurang berkualitas. Jika mendapati tali masker yang sudah kendur, segera ganti karena masker tidak bisa dipakai dengan baik. Masker yang agak kendur memungkinkan debu dan virus masuk lebih mudah.

Warnanya memudar

Saat sering kena matahari dan udara luar, bahan bermotif dan berwarna biasanya akan berubah. Secara otomatis, warna masker akan memudar. Jika sudah terlihat memudar, pasti sudah sering sekali dicuci. Disarankan diganti karena semakin sering dicuci, serat pun semakin meregang dan memudahkan debu dan virus masuk menembus masker.

Tidak lagi pas di wajah

Saat pertama menggunakan, mungkin rasanya pas dan tepat menutupi seluruh area hidung, pipi, dan dagu. Namun saat sering digunakan, masker tak lagi menutup dengan sempurna. Meski tak terlihat kendur, tapi tetap tidak pas di wajah. Di waktu inilah sudah saatnya kamu mengganti masker kain dengan yang baru. Selain tali yang kendur, masker yang sudah tidak pas di wajah juga berbahaya.

Cara mencuci tidak tepat

Untuk menjaga kualitas masker, penting sekali untuk mencucinya dengan cara yang benar. Tidak semua masker bisa menggunakan cara mencuci yang sama. Ada beberapa jenis bahan yang sebaiknya dicuci dengan tangan, ada yang sebaiknya dikeringkan dengan cara diangin-anginkan.

Sedangkan jika ingin memasukkan ke dalam mesin cuci, usahakan untuk memasukkannya ke dalam tas mesh agar tidak merusak tali dan bahan masker. Namun jika selama ini kamu tidak melakukan hal di atas, mungkin saatnya mengganti masker dengan yang baru dan mulailah mencuci dengan benar ke depannya.

Sudah lebih dari 30 kali dicuci

Dilansir dari AsiaOne, setiap masker kain bisa dipakai dan tetap efektif melindungi diri dari virus sampai pencucian ke-30 kali. Setelahnya, sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru. Lalu, bagaimana caranya tahu bahwa itu sudah pencucian ke-30? Cara termudah adalah dengan membuat pengingat di dekat tempat cuci. Kamu bisa menambahkan garis hitung setiap akan mencuci masker. Dengan begitu, kamu bisa menggantinya jika kira-kira sudah mencapai atau mendekati pencucian yang ke-30.

Memakai masker memang penting. Namun yang tak kalah penting juga adalah menjaga jarak dengan orang lain dan rajin mencuci tangan dengan sabun.  Setelah ke luar rumah, segera ganti baju dan mandi. Segera desinfektan sandal dan barang yang dibawa ke luar rumah agar protokol kesehatan tetap terjaga di rumah. (*)

*Dari berbagai sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Masker Kain? Kenali Tanda Berikut!