11/12/2020 11:00:26
Info Kesehatan

Pastikan Anak Cukup Tidur Sesuai Usia Ya, Mom!

Foto: Ilustrasi/Internet

Seiring bertambahnya usia, anak biasanya akan semakin susah tidur. Padahal, mendapatkan waktu tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh anak, terlebih ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

Seperti dilansir dari PopMama, setiap anak memiliki jam tidur yang bervariasi. Beberapa anak menghabiskan waktu dengan banyak tidur dan beberapa lainnya memiliki jam tidur yang lebih sedikit.

Tidur adalah aktivitas yang sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Kebiasaan tidur yang baik, sebenarnya dimulai sejak anak lahir.

Anak-anak yang tidak cukup tidur di malam hari, kemungkinan besar akan lebih mudah lelah dan mengantuk di siang harinya. Akhirnya memengaruhi kegiatan anak di esok harinya. Anak juga mungkin saja rewel atau merasa kurang fit.

Karena itu, penting sekali bagi orang tua untuk mengetahui tentang jumlah tidur yang dibutuhkan anak selama 24 jam, baik malam maupun siang. Dengan begitu, Anda bisa menetapkan pola tidur yang baik dan sehat untuk anak.

Berikut ini panduan umum tentang waktu tidur yang dibutuhkan anak berdasarkan usianya.

Usia 1-3 Tahun: 12 - 14 jam per hari

Saat anak telah melewati tahun pertama dan sedang menuju usia 18-21 bulan, kemungkinan besar anak memiliki lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi lingkungan barunya. Hal ini bisa membuat si Kecil bangun lebih cepat di pagi hari, serta tidur siang yang terlalu menjelang sore.

Sebagian besar anak berusia sekitar 1,5 tahun hingga 3 tahun masih membutuhkan satu kali tidur siang sehari, yang berkisar dari satu hingga tiga setengah jam. Kemudian anak bisa tidur diantara jam 7 malam hingga 9 malam, dan bangun antara jam 6 pagi hingga 8 pagi.

Tidur siang yang terlalu sore dapat membuat anak menjadi lebih terjaga di malam harinya. Sedangkan, seorang balita membutuhkan waktu tidur hingga 14 jam dalam sehari, namun seringkali anak saat ini hanya bisa mendapatkan sekitar 10 jam.

Untuk menjaga kebiasaan tidur yang sehat untuk balita, Anda bisa menerapkan tips-tips berikut ini:

-Tetap penting untuk menjaga pola tidur yang biasa dilakukan anak. Rutinitas yang dibuat selama tahun pertama bahkan lebih penting untuk balita.

-Hindari tidur siang yang terlalu larut atau menjelang terlalu sore, karena pada usia tersebut dapat memengaruhi tidur malam.

-Bantu anak beristirahat sekitar setengah jam sebelum tidur dengan cerita dan aktivitas yang tenang.

-Bersikaplah lembut tetapi tegas jika anak protes.

-Jagalah agar kamar tidur tenang, nyaman, dan baik untuk tidur, seperti menjaga agar lampu tetap redup.

-Pasang musik yang lembut dan menenangkan mungkin bisa menghibur.

-Barang-barang seperti selimut atau boneka binatang seringkali bisa berguna pada usia ini.

Usia  3-5 Tahun: 10 - 13 jam per hari

Anak usia prasekolah idealnya harus tidur sekitar 10 hingga 13 jam sehari. Saat anak mendekati usia 3 tahun, ia mungkin tidur siang satu kali sehari, tetapi banyak yang masih tidur siang kedua kali di dalam sehari.

Pada hari-hari tertentu anak mungkin membutuhkan tidur siang, sementara di hari-hari lain ia mungkin tidak. Beberapa anak bahkan ada yang tidak tidur siang sama sekali selama periode usia ini.

Anda dapat menggunakan waktu luang tersebut sebagai waktu tenang anak setelah makan siang. Bisa dilakukan dengan cara membaca cerita dan juga bersantai. Pada usia ini, adalah hal yang umum bagi anak untuk mengalami masalah tidur dan menolak tidur.

Anak mungkin juga terbangun di malam hari karena ketakutan atau mimpi buruk di malam hari.

Berikut ini juga ada beberapa tips yang akan membantu kebiasaan tidur sehat untuk anak prasekolah:

-Jangan beri anak minuman yang mengandung kafein.

-Hindari penggunaan layar sebelum tidur. Jangan izinkan penggunaan tablet, televisi, komputer atau video game di kamar tidur.

-Beberapa anak akan mencoba menunda waktu tidur. Sehingga tetapkan batasan, seperti berapa banyak buku yang akan dibaca bersama, dan pastikan anak juga tahu tentang buku yang akan dibaca.

-Tempatkan anak di tempat tidur dengan pas untuk mendapatkan perasaan nyaman.

-Jangan abaikan ketakutan waktu tidur. Jika anak mengalami mimpi buruk, kuatkan, dan hibur anak. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Pastikan Anak Cukup Tidur Sesuai Usia Ya, Mom!