07/01/2021 13:17:28
Info Keluarga

Begini Cara Persiapkan Belajar Daring Agar Anak Tidak Bosan

Foto: Ilustrasi/Internet

Beberapa daerah di Indonesia memutuskan untuk memperpanjang belajar daring bagi anak-anak sekolah seiring terus meningkatnya kasus positif Covid-19. Lalu, bagaimana agar anak tetap semangat menjalani proses belajar daring?

Sebelumnya, Kemendikbud telah mengizinkan beberapa daerah untuk sekolah tatap muka ditengah pandemi ini. Beberapa sekolah pun sudah melakukan persiapkan seperti membagikan masker kepada siswa/i nya.

Namun memasuki tahun baru 2021, jumlah pasien positif covid 19 terus mengalami peningkatan. Data dari Satuan Tugas Penangan Covid-19 hingga 5 Januari 2021, kasus positif di Indonesia bertambah 7.445 sehingga total jumlah terkonfirmasi mencapai 788.402.

Melihat situasi tersebut, pemerintah pun membatalkan sekolah tatap muka dan kembali sekolah online untuk tahun ajaran baru. Beberapa daerah yang membatalkan pembelajaran tatap muka di tahun 2021 diantaranya adalah DKI Jakarta, Kubu Raya Kalbar, Depok, Kabupaten Karawang, Kota Tangerang, Jawa Tengah, Denpasar, Solo, dan Yogyakarta.

Meski belajar daring diperpanjang, sebagai orang tua, Anda tetap bisa mempersiapkannya agar anak tidak jenuh. Berikut tips yang bisa Anda coba:

1. Rencanakan target belajar anak

2. Tetap melakukan ritual sekolah biasanya, seperti bangun pagi, mandi, sarapan.

3. Perbanyak sabar sebagai orang tua.

4. Pelajari kekuatan dan kelemahan anak

5. Gunakan metode belajar yang ia sukai guna membuatnya tetap tertarik dengan kegiatan belajar.

6. Manfaatkan aplikasi, gunakan aplikasi agar anak tertarik daripada metode belajar konvensional, seperti di sekolah.

7. Memastikan semua peralatan pendukung belajar online siap untuk digunakan dan pilih spot yang nyaman untuk memulai kegiatan sekolah online.

*Dari berbagai sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Keluarga: Begini Cara Persiapkan Belajar Daring Agar Anak Tidak Bosan