26/01/2021 15:57:53
Info Kesehatan

Tips Menyiapkan Makanan Sehat Hemat Biaya

Foto: Ilustrasi/Internet

Pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mengonsumsi makanan sehat, terlebih ditengah pandemi Covid-19 saat ini. Dengan mengonsumsi makanan sehat, diharapkan tubuh lebih kebal terhadap penyakit apapun.

Selama ini, banyak orang mengidentikkan makanan sehat dengan mahal, kurang sedap, dan cukup merepotkan. Padahal, tidak juga, lho. Makanan bergizi dapat ditemui dengan mudah di sekitar kita.

Masih dalam rangka Hari Gizi Nasional yang jatuh pada 25 Januari setiap tahunnya, berikut tips menyiapkan makanan sehat yang hemat biaya seperti dilansir dari Suara.com:

1. Makan makanan sayur atau buah musiman

Buah dan sayuran musiman memiliki nutrisi terbaik, dan seringkali dijual lebih murah. Pergilah ke pasar lokal atau pedagang sayur. Kamu juga bisa langsung mendukung petani lokal, karena mereka biasanya mereka memiliki kualitas dan harga terbaik juga.

2. Makanan beku

Jika ada buah atau sayuran yang kamu sukai, tapi sedang tidak musim, simpan saja di freezer saat makanan tersebut musim. Segera dibekukan saat musimnya untuk mengunci nilai gizinya.

3. Makanan kalengan

Demikian pula makanan kalengan. yang bisa menjadi cara yang bagus untuk memasukkan berbagai buah dan sayuran yang sehat ke dalam makanan tanpa harga mahal. Makanan kalengan juga merupakan solusi akhir minggu yang bagus ketika semua stok buah dan sayur segar menipis.

4. Camilan dengan bijak

Buang snack gurih menuh MSG atau mi instan dan gantilah dengan pilihan yang sehat dan lebih murah seperti pisang dan telur rebus. Harganya lebih murah per sajian, dan jauh lebih baik untukmu. Bukan hanya itu, energi dari kedua makanan ini juga bertahan lebih lama.

5. Menyiapkan

Siapkan setidaknya dua makanan sehat berdurasi lima menit dan siap untuk dikonsumsi saat kudapan dimulai, yang tidak hanya akan menghemat biaya, tetapi juga menghemat pengeluaran kalori di tengah minggu.

Makanan beku yang sudah dimasak dapat dikemas dengan sayuran ekstra dan potongan daging yang lebih ringan untuk membuat makanan yang lebih sehat.

Kamu juga bisa keluarkan kacang panggang kalengan dari freezer di atas roti panggang gandum, tuna kalengan di atas kentang rebus microwave dengan keju dan yoghurt rendah lemak, atau di atas bungkus nasi wholemeal yang dapat dimasak dengan microwave dengan tomat potong dadu, bumbu dan jagung kalengan.

6. Tanam sendiri

Bayam, bawang bombay, selada, dan sayuran berdaun hijau lainnya, cabai, dan kentang semuanya mudah ditanam dan bagus untuk kesehatanmu. Kamu akan merasa jauh lebih tertarik dan semangat memakan apa yang telah kamu tanam.

7. Buat makanan ringan sendiri

Buang keripik dan ambil tempat penyimpanan makanan plastik kecil, toples kaca, atau tas ziplock untuk membuat paket makanan ringanmu sendiri. Alih-alih keripik berisi lemak jenuh, pilih kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan kering dan potongan sereal.

8. Buat sup

Sup dapat ddikemas sebagai makamam yang menyehatkan dan merupakan cara yang bagus untuk mencampur sayuran sesukamu ke dalamnya. Tambahan kaldu, garam, merica hingga rempah akan membuatmu mendapatkan sup yang lezat dan unik. 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tips Menyiapkan Makanan Sehat Hemat Biaya