09/03/2021 11:16:38
Info Kesehatan

Mengenal Gejala Penyakit Ginjal pada Anak

Foto: Ilustrasi/Internet

Penyakit ginjal pada anak seringkali sulit terdeteksi pada tahap awal karena tidak menunjukkan gejala. Ketika fungsi ginjal sudah mulai menurun, barulah gejala itu akan tampak. Seperti apa?

Jika gejala penyakit ginjal pada anak sudah terlihat, sebaiknya orang tua segera berkonsultasi ke dokter agar segera mendapatkan penanganan. Berikut adalah gejala yang muncul ketika ginjal anak sudah mengalami gangguan seperti dilansir dari Alodokter:

-Bengkak di bagian wajah, tangan, dan kaki.

-Tidak nafsu makan dan sering muntah-muntah.

-Kelelahan dan tampak pucat.

-Merasa nyeri atau tampak rewel setiap buang air kecil.

-Demam.

-Frekuensi buang air kecil menjadi lebih jarang.

-Pipis berdarah.

-Sering mengalami sakit kepala.

-Sesak napas.

-Tumbuh kembang anak terhambat.

Dalam menentukan diagnosis dan mencari penyebab penyakit ginjal pada anak, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik disertai penunjang, seperti tes darah, tes urine, pemeriksaan radiologis (seperti USG ginjal dan Rontgen ginjal), hingga biopsi ginjal.

Penanganan penyakit ginjal pada anak tergantung pada penyebabnya. Misalnya, penyakit ginjal yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi harus diatasi dengan menurunkan tekanan darah. Jika disebabkan oleh infeksi, maka dokter akan mengatasi infeksi yang menyebabkan penyakit ginjal dengan obat antibotik.

Untuk penyakit ginjal yang disebabkan oleh cacat bawaan lahir, dokter mungkin akan menyarankan langkah operasi untuk memperbaiki bagian ginjal yang cacat atau tidak berfungi dengan baik.

Semakin cepat pengobatan didapatkan, maka semakin baik peluang untuk mencegah terjadinya kerusakan ginjal permanen pada anak. Jika terlambat ditangani, kondisi ini dapat mengakibatkan gagal ginjal dan menimbulkan komplikasi berupa hambatan tumbuh kembang, anemia, kerusakan ginjal permanen, hingga kematian. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Mengenal Gejala Penyakit Ginjal pada Anak