10/03/2021 12:26:38
Info Kesehatan

3 Langkah Mudah Cegah Penyakit Ginjal

Karena gejala penyakit ginjal tidak mudah dideteksi, jauh lebih baik jika kita bisa mencegahnya. Apa saja langkah yang perlu dilakukan agar terhindar dari penyakit ginjal?

Sebenarnya, cara mencegah penyakit ginjal tidak sulit, lho. Berikut tiga tips sederhana mencegah penyakit ginjal seperti dilansir dari Alodokter: 

1. Menjaga kesehatan ginjal
 Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, diantaranya adalah:
-Minum air putih dalam jumlah yang cukup, setidaknya 8-10 gelas per hari. Kemudian sebisa mungkin batasi konsumsi alkohol dan minuman bersoda.
-Berhenti merokok. Merokok dan terpapar asap rokok dapat merusak fungsi berbagai organ dalam tubuh, termasuk ginjal.
-Tidur dengan cukup. Mencukupi istirahat dengan tidur 6-8 jam sehari diperlukan agar tubuh dan organ di dalamnya termasuk ginjal tetap sehat.
-Jaga agar berat badan tetap ideal. Salah satunya dengan olahraga atau melakukan aktivitas fisik dengan rutin.
-Hindari mengonsumsi obat-obatan diluar dari anjuran dan pengawasan dokter, terlebih bila obat tersebut dikonsumsi dalam dosis besar atau dalam jangka panjang.
 
2. Lakukan pemeriksaan rutin jika memiliki penyakit tertentu.
Hipertensi dan diabetes merupakan penyakit yang sering menyebabkan komplikasi berupa penyakit ginjal. Jika Anda memiliki penyakit-penyakit tersebut, Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter, guna memantau perkembangan kedua penyakit ini dan mencegah penyakit ginjal.
 
Selain itu, saat mengalami hipertensi dan diabetes, pembatasan jumlah konsumsi makanan yang mengandung gula dan garam sangat disarankan.
 
3. Batasi makanan tertentu
Saat seseorang sudah mulai mengalami penurunan fungsi ginjal, untuk mencegah semakin memburuknya fungsi ginjal, beberapa pilihan makanan berikut sebaiknya dibatasi:
-Makanan kalengan.
-Ikan asin.
-Alpukat.
-Nasi merah.
-Pisang.
-Produk susu atau yang olahan susu, seperti keju dan yoghurt.
-Daging olahan.
-Roti gandum.
 
Yuk, cegah penyakit ginjal dengan beberapa cara sederhana yang dipaparkan di atas. Bagi Anda yang memiliki risiko mengalami penyakit ginjal karena memiliki diabetes, tekanan darah tinggi, atau riwayat penyakit ginjal dalam keluarga, terapkanlah pola hidup sehat dan periksakanlah diri ke dokter secara berkala, sesuai dengan anjuran dokter. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: 3 Langkah Mudah Cegah Penyakit Ginjal