15/04/2021 11:43:57
Info Kesehatan

2 Langkah Mudah agar Tetap Prima Saat Berpuasa Ditengah Pandemi

Foto: Ilustrasi/Internet

Saat ini, umat Islam tengah menjalani ibadah puasa Ramadan 1442 H. Bagi sebagian orang, ada kekhawatiran hal ini dapat menurunkan daya tahan tubuh mengingat pandemi Covid-19 belum usai. Nah, mau tahu triknya agar tubuh tetap prima saat berpuasa ditengah pandemi?

Puasa Ramadan bukan berarti menjadikan kita malas beraktivitas, lho. Justru, kita tetap dituntut untuk beraktivitas seperti biasa, meskipun waktu makan menjadi lebih terbatas.

Oleh karena itu, sangat penting memilih jenis asupan pada sahur dan buka puasa. Pastikan menu sahur dan buka puasa tetap bernutrisi sehingga dapat menjadi energi saat beraktivitas seharian.

Disamping itu, ada dua hal penting yang perlu diperhatikan terkait menu sahur dan berbuka puasa. Yakni, memilih lemak yang baik, dan meminimalisasi penggunaan garam.

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Pondok Indah dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK, menu sahur yang baik adalah menu lengkap dengan protein dan serat cukup, mengandung lemak baik seperti alpukat, dan upayakan tanpa pengolahan makanan dengan digoreng.

’’Juga kurangi makanan yang tinggi garam karena dapat membuat Anda lebih haus ketika berpuasa," katanya seperti dilansir dari Liputan6.com.

Selanjutnya, Tirta menyarankan, tidak perlu terlalu banyak mengonsumsi menu sahur, 30 – 40 persen dari kebutuhan energi harian sudah cukup.

"Anda perlu mengetahui kebutuhan energi total dalam sehari dan komposisi zat gizi makro. Rata-rata setengah dari kebutuhan energi berasal dari karbohidrat, 30 persen dari lemak, dan 15 persen dari protein. Memilih jenis lemak yang baik dan mengurangi goreng-gorengan akan membuat tubuh lebih bugar," terang Tirta.

Tirta juga mengingatkan untuk memilih sumber karbohidrat yang berasal dari bahan karbohidrat kompleks dan sedapat mungkin hindari karbohidrat sederhana, seperti gula dan sirup. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: 2 Langkah Mudah agar Tetap Prima Saat Berpuasa Ditengah Pandemi