20/04/2021 15:44:13
Info Keluarga

Jadi ’’Super Mom’’ di Bulan Puasa, Siapa Takut?

Foto: Ilustrasi/Internet

Banyak para ibu yang merasakan bahwa di momen Ramadan, aktivitasnya menjadi lebih banyak. Akan tetapi, jangan sampai hal ini menjadikan patah semangat dan tetap bisa berperan sebagai ’’Super Mom’’ untuk anak Anda.

Jika memiliki anak yang masih belajar berpuasa, ini saatnya Anda berupaya meningkatkan antusiasmenya. Lalu, aktivitas seru apa yang bisa dilakukan? Berikut ulasannya seperti dilansir dari popmama.com.

1. Berbincang bersama di waktu santai

Sebagai titik awal, Anda dan si Kecil tentu mendambakan sebuah aktivitas seru yang tidak langsung membuat kalian bergerak secara aktif. Memilih kegiatan-kegiatan yang ringan namun tetap membuat suasana menyenangkan pastilah menjadi impian Anda di awal bulan puasa.

Karena itu, sebaiknya Anda memulai aktivitas seru dengan sekadar duduk bersama atau tidur-tiduran di atas kasur sambil berbincang mengenai hal-hal terkait Ramadan.

2. Membaca buku bertemakan Ramadan

Satu lagi aktivitas seru namun masih terkategorikan ringan untuk Anda dan si Kecil: membaca buku bertemakan Ramadan di mana aktivitas ini akan membuatnya semakin terdorong untuk membangun pemahaman dan keyakinan sebagai seorang Muslim. Pilihlah buku-buku bergambar yang menceritakah kisah para Nabi yang dikemas sesuai usia anak. Setelah itu, diskusikan mengenai nilai moral dan pelajaran berharga yang didapatkan dari cerita tersebut.

3. Dekor kamar bersama

Dalam menyambut bulan dengan tema tertentu, mendekorasi kamar tentu bisa dijadikan opsi terbaik untuk melengkapi suasana menjadi sesuai. Hal ini juga dapat dipraktekkan dalam rangka menyambut bulan Puasa bernuansa Ramadan yang penuh berkah.

Nah, ajak si Kecil untuk menghias kamar tidurnya dengan berbagai karya seni bertemakan Ramadan seperti gambar atau lukisan, ornamen, hiasan menggemaskan lainnya. Setelah itu, bantu si Kecil mengganti sprei dan sarung bantal bertemakan Ramadan.

4. Ajak anak beramal

Menjalankan ibadah puasa tentu turut mendorong kita untuk melakukan berbagai perbuatan amal yang bisa menambah pahala kita di Surga. Dalam rangka ini, Anda sebaiknya turut mengajak si Kecil untuk melakukan kegiatan amal bersama-sama.

Anda bisa melakukannya dengan mengunjungi sebuah Panti Asuhan bersama anak mama tercinta di mana kalian diharapkan menyediakan waktu bersama anak-anak yatim piatu dan memberikan beberapa sembako atau sumbangan yang mereka butuhkan.

5. Ikut memberikan hadiah pada tetangga

Siapa bilang melakukan kegiatan amal hanya bisa diwujudkan dengan mengunjungi Panti Asuhan atau melakukan kegiatan formal sejenis lainnya? Hal positif ini dapat dibangun dengan melakukan berbagai bentuk kebaikan kecil namun berharga di lingkungan sekitar.

Tentu, Anda dianjurkan untuk mengajak si Kecil terlibat sebagai bagian dari aktivitas seru menyambut bulan puasa. Sebagai contoh, yuk, berikan hadiah pada tetangga seperti makanan untuk buka puasa.

6. Perlombaan berbuat hal baik

Berbicara mengenai perbuatan kebaikan, kita tentu setuju bahwa ada banyak sekali hal-hal yang dapat kita lakukan selain beramal maupun memberikan hadiah kepada tetangga. Saking banyaknya, kami tidak bisa menyebut satu per satu begitu juga Anda, bukan?

Itu kenapa, untuk memberikan kesempatan pada si Kecil melakukan semuanya semampunya, bagaimana jika Anda dan si Kecil melakukan perlombaan berbuat hal baik setiap hari. Siapkan tabel dengan dua kolom besar untuk Anda dan si Kecil.

Dalam tabel tersebut, Anda dan si Kecil diminta untuk menempelkan stiker setelah selesai melakukan hal baik. Setiap minggunya, diskusikan bersama mengenai jumlah stiker yang didapatkan masing-masing dan perbuatan baik apa saja yang dilakukan. Seru, kan?

7. Permainan Ramadan

Ada lagi aktivitas khas Ramadan yang jauh lebih seru untuk dilakukan bersama anak tercinta yaitu, bermain tebak-tebakan. Tentu saja tebak-tebakan di sini mengenai kisah-kisah yang tertulis di Al-Qur’an. Nah, agar pengetahuan anak bertambah, Anda dapat mengajaknya membaca Al-Qur’an dan mengikuti pengajian setiap hari. Dengan demikian, ketika bermain tebak-tebakan, anak dapat menjawabnya dengan baik. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Keluarga: Jadi ’’Super Mom’’ di Bulan Puasa, Siapa Takut?