12/05/2021 13:28:55
Info Kesehatan

Lebaran Tiba, Awas Jangan ’’Lapar Mata’’ Ya…

Foto: Ilustrasi/Internet

Meski masih ditengah pandemi Covid-19, antusiasme masyarakat muslim tetap tinggi dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri yang akan datang esok. Sebagian besar keluarga telah menyiapkan santapan khas Lebaran mulai dari kue-kue kering hingga sajian di meja makan. Nah, bagaimana agar pola makan sehat tetap terjaga saat Lebaran tiba?

Momen Lebaran tentunya sangat istimewa untuk merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu. Di masa yang normal atau bebas dari pandemi, momen ini juga biasanya dijadikan ajang silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga.

Kali ini, Tim Redaksi Dokcil ingin berbagi tips agar Lebaran dapat dijalani dengan tetap penuh semangat tanpa mengabaikan pola makan yang sehat. Seperti apa? Berikut tipsnya seperti dilansir dari HaloDoc:

Jangan ’’Lapar Mata”

Meski banyak pilihan makanan baik berupa camilan maupun sajian berat, sebaiknya kamu pilih yang menjadi favorit saat lebaran. Kamu bisa menikmati makanan dengan porsi yang kecil-kecil atau sedikit.

Jangan konsumsi satu jenis makanan dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, nantinya kamu pasti akan bertemu dengan beberapa jenis makanan lain yang ingin dinikmati.

Selain itu, tubuh kamu baru saja menjalani puasa selama 30 hari, kemungkinan tubuh kamu mulai terbiasa dengan pola makan yang sedikit. Dikhawatirkan jika makan berlebihan dan tidak memikirkan porsi makan, lambung akan kaget bahkan yang paling buruk kamu bisa terkena maag.

Batasi jenis makanan tertentu

Tentu jenis makanan bersantan dan makanan manis akan banyak tersaji di piring saat kamu merayakan Hari Raya Idul Fitri. Batasi jenis makanan tertentu, misalnya makanan yang bersantan.

Makanan yang bersantan mengandung lemak jenuh atau lemak tinggi yang bisa membuat kamu berisiko mengidap kolesterol. Batasi juga makanan manis, sebab penyakit diabetes, berat badan berlebih, dan kerusakan gigi bisa mengintai kamu jika berlebihan mengonsumsi makanan manis.

Berhenti makan saat sudah merasa Kenyang

Salah satu alasan berat badan cepat naik saat hari Lebaran karena kita cukup sering mengabaikan rasa kenyang yang dirasakan. Biasanya, saat kita sudah dalam keadaan terlalu kenyang kita baru berhenti makan.

Nah, kamu bisa mengalihkan rasa ’’lapar palsu’’ ini  dengan mengalihkan perhatian, misalnya ngobrol dengan sanak saudara atau minum banyak air putih agar tidak terus merasa lapar dan tubuh kamu juga akan sehat karena kebutuhan air tercukupi.

Konsumsi sayur

Jika tersaji berbagai macam makanan, cobalah kamu perbanyak konsumsi sayur. Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang dan kebutuhan serat kamu akan tercukupi. Jika sayur yang dimaksud mengandung kuah santan, kamu bisa mengurangi kuah santannya dan perbanyak porsi sayurannya. Selain sehat, kamu juga akan terhindar dari penyakit kolesterol. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Lebaran Tiba, Awas Jangan ’’Lapar Mata’’ Ya…