28/05/2021 12:10:06
Info Kesehatan

Varian Corona Baru Lebih Cepat Menular, Masyarakat Diimbau Memakai Masker Dobel

Foto: Redaksi Dokcil

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan agar masyarakat menggunakan masker dobel. Hal ini mengingat beberapa varian baru Coronavirus Diseas atau Covid-19, diketahui lebih cepat menular.

Menurut CDC, cara ini disebut mampu menurunkan risiko penularan COVID-19 hingga 90 persen. Penggunaan masker rangkap dapat meningkatkan filtrasi atau penyaringan udara yang dihirup dan diembuskan.

Di Indonesia, berdasarkan data dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sudah ditemkan 54 kasus Covid-19 yang  berasal dari varian kategori 'Variant of Concern' (VoC). Varian tersebut mencakup B117 dari Inggris, B1351 dari Afrika Selatan, dan B1617 dari India.

Diketahui, variant of concern adalah varian dengan mutasi yang bisa mempengaruhi kemampuan penularan, kepekaan alat tes, tingkat keparahan gejala, dan kemampuan virus menghindar dari sistem kekebalan tubuh.

Meski CDC mengimbau penggunaan masker rangkap, Satgas Covid-19 mengingatkan untuk tidak sembarangan memilih masker. Sebab, tidak semua masker aman dipakai dobel. Penggunaan jenis masker medis dan KN95, misalnya, bila dipakai secara dobel justru bisa mengganggu kemampuan filtrasi masker.

"Jangan gabungkan 2 masker medis secara bersamaan sebab masker medis tidak dirancang untuk bisa digunakan 2 lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan kemampuan filtrasi dan kesesuaian masker," terang juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam siaran langsung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) seperti yang dikutip dari Detik.com.

Menurut Prof Wiku, jika ingin mendobel masker untuk meningkatkan keamanan, masker medis bisa digunakan berlapis dengan masker kain. Sedangkan masker KN95 sebaiknya tidak digunakan berlapis dengan masker lain.

Berikut tips untuk meningkatkan efektivitas masker:

- Gunakan masker yang memiliki nose wire atau kawat di bagian hidung

- Gunakan penyangga masker yang elastis untuk meminimalkan celah udara

- Ikat karet telinga dan melipat masker apabila masker lebih besar dari ukuran wajah

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Varian Corona Baru Lebih Cepat Menular, Masyarakat Diimbau Memakai Masker Dobel