02/07/2021 18:55:53
Opini

Bagaimana Saya dapat Mengisolasi Diri dan Keluarga?

Foto: Ilustrasi/Internet

Pertanyaan ini mungkin akan muncul di kepala Anda saat berkonsultasi dan dinyatakan untuk aman melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah sendiri. Ada beberapa skenario yang mungkin Anda hadapi serta tips dan trik dalam menjalani isoman yang aman di rumah.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menghadapi pilihan untuk isoman:

Saya positif Covid-19 sendirian dan keluarga lain negatif

Ketika dinyatakan menderita Covid -19 dan dari konsultasi dokter dinyatakan aman untuk melaksanakan isolasi mandiri di rumah, namun keluarga lain yang satu rumah dinyatakan negatif dari contact tracing, maka beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

-Penderita Covid-19 sebisa mungkin berada dalam ruangan yang terpisah, memiliki sirkulasi udara yang baik, serta meminimalisasi kontak dengan anggota keluarga di rumah. Jika bisa dirawat di lantai berbeda, tentu ini lebih baik. Jika tidak bisa, maka sebaiknya menghindari berada di ruangan yang digunakan bersama.

-Jika penderita Covid-19 berada di dalam ruangan sendirian, penderita tidak perlu menggunakan masker. Akan tetapi, masker harus selalu digunakan jika penderita terpaksa berkontak dengan anggota keluarga yang negatif.

-Anggota keluarga yang negatif membantu penderita dalam menyiapkan makan dan menyiapkan pakaian bersih untuk penderita yang positif.

-Sebisa mungkin penderita Covid-19 menggunakan kamar mandi yang berbeda. Jika terpaksa menggunakan kamar mandi yang sama, maka pastikan untuk melakukan semprot disinfektan pada gagang pintu, lantai, dan dinding kamar mandi sebelum dan setelah digunakan, serta menghindari penggunaan alat mandi yang sama (gunakan gayung, sabun, sampo yang berbeda). -Hindari menaruh sikat gigi atau alat kebersihan pribadi di kamar mandi.

-Sebisa mungkin penderita Covid-19 menggunakan alat makan sekali pakai. Jika tidak terdapat alat makan sekali pakai, maka penderita sebaiknya dapat melakukan cuci piring di tempat yang terpisah. Jika tidak dapat dipisah, maka alat makan yang digunakan sebaiknya dicuci oleh anggota keluarga yang negatif. Anggota keluarga ini menggunakan masker saat mengambil alat makan bekas. Alat makan sebaiknya direndam dalam air hangat yang sudah dicampur sabun selama 5 menit terlebih dahulu, sebelum dicuci seperti biasa.

-Baju yang digunakan oleh penderita Covid-19 sebaiknya dicuci sendiri oleh penderita di ruangan yang terpisah. Namun, jika tidak ada ruang terpisah, maka baju dapat disimpan dalam plastik, diletakkan di luar ruangan isolasi, dan dicuci oleh anggota keluarga yang negatif. Anggota keluarga ini menggunakan masker saat mengambil pakaian kotor. Pakaian kotor sebaiknya direndam dalam air hangat yang sudah dicampur sabun atau cairan disinfektan selama 5 menit terlebih dahulu, sebelum dicuci seperti biasa. Pakaian penderita Covid-19 sebaiknya dicuci terpisah dengan pakaian anggota keluarga lain.

-Jika terpaksa berkontak dengan anggota keluarga yang negatif, sebaiknya menggunakan masker dan faceshield dan sesering mungkin melakukan cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Seluruh keluarga saya positif Covid-19 dan saya negatif sendiri

-Jika seluruh keluarga positif, dan hanya ada satu anggota keluarga yang negatif maka sebaiknya anggota keluarga tersebut menjalani karantina di rumah terpisah. Jika tidak dapat dilakukan karantina, maka anggota keluarga yang negatif berada di ruangan yang terpisah dengan penderita Covid-19.

-Anggota keluarga yang negatif membantu menyiapkan makan dan kebutuhan harian penderita Covid-19 dan selalu menggunakan masker dan faceshield saat berkontak dengan penderita.

Sebisa mungkin anggota keluarga negatif menggunakan kamar mandi yang berbeda. Jika terpaksa menggunakan kamar mandi yang sama, maka pastikan untuk melakukan semprot disinfektan pada gagang pintu, lantai dan dinding kamar mandi sebelum dan setelah digunakan, serta menghindari penggunaan alat mandi yang sama (gunakan gayung, sabun, sampo yang berbeda). Hindari menaruh sikat gigi atau alat kebersihan pribadi di kamar mandi.

-Anggota keluarga yang negatif dapat membantu membersihkan peralatan makan yang digunakan oleh penderita Covid-19. Anggota keluarga ini menggunakan masker saat mengambil alat makan bekas. Alat makan sebaiknya direndam dalam air hangat yang sudah dicampur sabun selama 5 menit terlebih dahulu, sebelum dicuci seperti biasa.

-Anggota keluarga yang negatif dapat membantu mencuci pakaian penderita Covid-19. Anggota keluarga ini menggunakan masker saat mengambil pakaian kotor. Pakaian kotor sebaiknya direndam dalam air hangat yang sudah dicampur sabun atau cairan disinfektan selama 5 menit terlebih dahulu, sebelum dicuci seperti biasa. Pakaian penderita Covid-19 sebaiknya dicuci terpisah dengan pakaian anggota keluarga lain.

-Jika terpaksa berkontak dengan penderita Covid-19, anggota keluarga yang negatif harus menggunakan masker dan faceshield dan sesering mungkin melakukan cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Kami sekeluarga positif Covid-19

-Jika seluruh keluarga positif Covid-19 maka seluruh keluarga dapat melakukan isolasi mandiri di rumah sesuai dengan anjuran dokter.

-Aktivitas harian dapat dilakukan seperti biasa, dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker untuk menghindari infeksi silang antara varian virus yang berbeda

-Usahakan tetap menggunakan tempat tidur yang berbeda atau jika berada dalam ruangan yang sama, tetap menjaga jarak.

-Kebersihan rumah dan lingkungan rumah harus tetap dijaga, diusahakan rumah memiliki sirkulasi udara yang baik.

-Kebutuhan harian dapat disiapkan oleh anggota keluarga dengan kondisi fisik yang paling baik untuk seluruh penderita yang tinggal satu rumah.

-Jika harus melakukan kontak, misalnya mengambil paket atau makanan, maka penderita Covid-19 harus menggunakan masker saat melakukan kontak dengan orang lain.

-Pemantauan kondisi klinis berkala dilakukan oleh tenaga kesehatan atau puskesmas setempat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

-Orang tua saya positif Covid-19, memiliki komorbid, namun kata dokter aman untuk melakukan isoman.

-Jika penderita Covid-19 yang memiliki komorbid telah dinyatakan aman untuk melakukan isoman menurut dokter, maka secara umum kegiatan dan kebutuhan sehari-hari sama seperti penderita tanpa komorbid.

-Perlu dilakukan pemantauan khusus pada komorbid pasien, misalnya pada penderita diabetes mellitus/kencing manis perlu dilakukan kontrol gula darah dengan glukometer secara berkala, atau pada penderita hipertensi dengan menggunakan tensimeter secara berkala.

-Pelaporan dan pemantauan kondisi klinis pasien secara berkala oleh tenaga kesehatan perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demkian hal-hal yang perlu diperhatikan saat menjalani isolasi mandiri yang aman di rumah. Memang perlu sedikit effort, namun dengan menjalani isolasi mandiri di rumah tentu akan lebih merasa nyaman dan bed rumah sakit bisa betul-betul termanfaatkan untuk yang membutuhkan. Sehat selalu, stay safe!

Penulis:

dr. Sharifah Shakinah SpPD

Staf Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi, Dept Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Opini: Bagaimana Saya dapat Mengisolasi Diri dan Keluarga?