12/07/2021 11:34:42
Info Kesehatan

5 Makanan Ini Dapat Menjaga Imunitas Ditengah Lonjakan Covid-19

Foto: Ilustrasi/Internet

Meski lonjakan infeksi Covid-19 belum reda, sebaiknya kita tidak panik sehingga imunitas tubuh tetap terjaga. Sebab, rasa panik atau takut berlebihan berisiko menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah terpapar berbagai macam virus penyakit.

Agar tidak mudah terpapar virus penyakit, tentunya tubuh harus selalu sehat dan bugar. Cara yang bisa dilakukan adalah menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi alami seperti makanan yang mengandung vitamin C, vitamin B, serat, hingga zinc.

Nah, berikut ini, Dokcil akan berbagi tips terkait jenis makanan yang dapat menjaga imunitas tubuh agar tetap prima yang dilansir dari Detik.com. Apa saja?

1. Sayur-sayuran Hijau

Sayuran hijau termasuk superfood yang dapat dikonsumsi secara rutin untuk meningkatkan imunitas tubuh ditengah pandemi Covid-19. Sebab, di dalam sayuran hijau seperti bayam dan kale terdapat kandungan vitamin A, C, dan E.

Tak hanya itu, ada juga kandungan beta karoten. Kandungan nutrisi inilah yang dapat meningkatkan sistem imunitas dan menjaga tubuh agar tidak mudah tertular penyakit.

Kamu bisa menikmati bayam ini dengan beragam olahan. Seperti sayur bening, salad, lalapan, hingga tumisa untuk lauk nasi panas.

2. Paprika Merah

Paprika merah merupakan jenis sayuran yang banyak digunakan untuk berbagai masakan. Seperti pizza, pasta, BBQ, dan aneka tumisan. Ada juga yang mengolah paprika mejadi campuran salad segar.

Paprika sangat sehat karena di dalamnya mengandung vitamin C yang tinggi. Kandungan inilah yang berperan sebagai zat antioksidan untuk menjaga imunitas tubuh. Selain itu, paprika merah juga bersifat sebagai zat anti inflamasi untuk meringankan peradangan.

Beragam penelitian juga menunjukan kalau paprika lebih sehat kalau dikonsumsi dalam kondisi mentah. Karena kadungan nutrisinya lebih tinggi saat dikonsumsi mentah.

3. Buah Citrus

Buah citrus atau jeruk banyak ragamnya. Terdiri dari jeruk, lemon, jeruk nipis, dan grapefruit. Buah ini dapat dikonsumsi secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal ini dikarenakan beragam buah citrus mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu, ada juga kandungan vitamin A hingga metabolit seperti flavonoid, limonoid, dan lainnya yang bisa membantumu melawan infeksi.

Kamu bisa mengonsumsi aneka buah citrus ini begitu saja. Bisa juga dikonsumsi menjadi aneka minuman, mulai dari smoothies hingga campuran untuk membuat minuman herbal. Buah citrus juga bisa kamu jadikan campuran salad yang segar.

4. Apel

Selain buah citrus, apel juga bisa dijadikan sebagai makanan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Karena, apel juga kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Salah satunya mengandung serat yang tinggi yaitu 4,4 gram per 1 buah apel (182 gram). Kandungan serat yang tinggi ini bisa melancarkan kesehatan pencernaan. Selain itu bisa juga menggeser mikrobioma dalam meringankan peradangan dan melawan penyakit kronis seperti jantung hingga kanker.

Tak hanya apel saja yang tinggi serat, buah lainnya seperti pir dan alpukat juga bisa kamu konsumsi. Bisa kamu nikmati begitu saja atau campuran salad buah atau minuman.

5. Jamur

Jamur merupakan jenis sayuran yang juga kaya nutrisi. Di dalamnya terdapat kandungan mineral yang tinggi. Seperti zinc, selenium, dan vitamin B. Kandungan nutrisi itu bisa membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan kalau mengonsumsi jamur kancing terbukti meningkatkan kekebalan tubuh. Para peneliti menjelaskan kalau jamur dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan memproduksi antivirus dan protein yang dapat melindungi dan memperbaiki jaringan sel tubuh.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menikmati jamur sebagai campuran sup. Bisa juga ditumis dengan brokoli, wortel, buncis, dan lainnya. Jamur juga bisa dibuat menjadi olahan daging vegan. 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: 5 Makanan Ini Dapat Menjaga Imunitas Ditengah Lonjakan Covid-19