30/08/2021 18:12:21
Info Kesehatan

Ternyata, Ada Makanan yang Bisa Mengurangi Efek Samping Vaksinasi Covid-19. Apa Saja?

Foto: Ilustrasi/Kemenpar

Beberapa orang yang melakukan vaksinasi Covid-19, mengalami efek samping ringan seperti demam, rasa pegal di bekas suntikan, sakit kepala, dan lain-lain. Nah, ternyata ada sejumlah makanan yang jika dikonsumsi setelah vaksinasi, dapat mengurangi efek samping tersebut.

Seperti diberitakan, vaksinasi Covid-19 kini menjadi bagian yak terpisahkan dari kehidupan kita, sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penularannya. Pemerintah terus menggenjot distribusi vaksin di semua daerah di Indonesia agar kekebalan komunal atau herd immunity dapat cepat tercapai.
 
Akan tetapi, tak sedikit orang yang mengalami efek samping ringan pasca vaksinasi. Nah, jangan khawatir sebab ada beberapa jenis makanan yang dapat  mengurangi efek samping tersebut sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 
Melansir dari Eating Well yang dikutip juga oleh Kompas.com, dokter menganjurkan orang yang habis divaksin untuk mengonsumsi makanan bergizi tinggi dan memenuhi asupan vitamin C.
 
Vitamin C memang terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan utuh, seperti buah-buahan dan sayuran, akan membantu sistem kekebalan tbuh untuk bekerja secara baik.
 
Dengan demikian, peradangan yang terjadi dalam tubuh pun akan teratasi. Para ahli juga menekankan untuk mengurangi makanan yang bisa menyebabkan peradangan ketika akan dan setelah mendapatkan vaksin.
 
Adapun beberapa makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi adalah junk food, Daripada mengonsumsi makanan olahan, lebih baik mengonsumsi makanan utuh seperti kacang-kacangan, ikan, buah dan sayuran.
 
Beberapa rempah yang memiliki sifat anti-inflamasi juga disarankan untuk dikonsumsi, salah satunya kunyit. Perlu diketahui, kunyit adalah rempah-rempah dengan sifat anti-inflamasi dan bisa ditaburkan pada makanan.
 
Berbagai jenis ikan, seperti salmon, mackerel, sarden, teri, dan herring juga memiliki kandungan omega-3 tinggi yang merupakan anti-inflamasi. Dokter juga menganjurkan untuk mengonsumsi air yang banyak agar tetap terhidrasi, baik sebelum maupun sesudah vaksin. 
 
Di samping itu, seseorang yang akan menerima vaksin sebaiknya tidak mengonsumsi alkohol sehari sebelum dan sesudah divaksin. Sebab, alkohol menekan sistem kekebalan tubuh dan dapat membuat dehidrasi. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Ternyata, Ada Makanan yang Bisa Mengurangi Efek Samping Vaksinasi Covid-19. Apa Saja?