28/09/2021 10:34:25
Info Kesehatan

Air Soda dan Mineral Botolan Bisa Picu Hasil Positif Palsu saat Tes Antigen Covid-19, Benarkah?

Foto: Ilustrasi/Internet

Saat ini, tes antigen sebagai deteksi cepat Covid-19 sudah semakin familiar digunakan masyarakat. Akan tetapi, sebelum melakukan tes antigen, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi air bersoda atau air mineral botolan karena dapat memicu hasil positif palsu.

Seperti dikutip dari Express yang juga dilansir detik.com, fakta ini berhasil ditemukan oleh para peneliti dari Tubingen University, Jerman. Hasil penelitian itu sudah diterbitkan di International Journal of Infectious Disease yang juga mencatat efektivitas tes antigen Covid-19

Dalam penelitian tersebut, tim peneliti menemukan lima minuman yang sebaiknya dihindari jika seseorang akan melakukan tes antigen. Pasalnya, lima minuman ini diketahui bisa membuat hasil tes antigen positif palsu.

Lalu, apa saja kelima jenis minuman tersebut?

"Semua soft drink, energy drink, minuman alkohol, air mineral botolan, dan air mineral berkarbonasi menyebabkan munculnya garis merah [positif palsu]," kata peneliti.

Tim peneliti juga menyarankan jika seseorang akan melakukan tes antigen, sebaiknya lakukan di pagi hari sebelum makan dan minum apapun. Mereka percaya, dengan cara ini hasil yang dikeluarkan akan lebih akurat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Queen Mary University of London, University of Oxford, Institute for Advanced Studies, Wina, dan Medical University of Graz, menemukan tes antigen dapat memberikan hasil 95 persen efektif dalam mendeteksi Covid-19 ketika digunakan sejak awal gejala.

Para peneliti menemukan tes cepat mengidentifikasi Covid-19 dengan benar dalam rata-rata 78,3 persen kasus selama minggu pertama. Pada minggu kedua, rata-rata turun menjadi 51 persen. (*) 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Air Soda dan Mineral Botolan Bisa Picu Hasil Positif Palsu saat Tes Antigen Covid-19, Benarkah?