30/09/2021 11:48:17
Info Kesehatan

Tren Bergeser, Pola Penyakit Jantung Kini Mulai Ancam Usia Muda

Foto: Ilustrasi/Internet

Rendahnya kualitas kesehatan dan gaya hidup yang buruk, membuat tren pergeseran pola penyakit jantung. Jika dulu penyakit jantung lebih sering dialami kelompok lanjut usia, kini mulai mengancam usia muda.

Menurut data Kementerian PPN/Bappenas seperti dilansir oleh suara.com, tren tersebut diperkirakan akan terus meningkat, melihat kondisi pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini. Berkurangnya aktivitas fisik karena adanya pembatasan sosial, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Risiko pun kian bertambah dengan perilaku masyarakat yang menunda perawatan atau enggan mengakses layanan kesehatan karena khawatir tertular Covid-19. Padahal, selain mengancam nyawa, penyakit jantung juga memakan biaya yang besar untuk pengobatan.

Data World Heart Federation mencatat penyakit jantung sebagai penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit ini seringkali disebut sebagai silent killer karena dapat menyerang secara tiba-tiba.

Penyakit jantung sendiri sering kali disebabkan oleh gaya hidup yang buruk. Itu sebabnya, penting untuk segera mulai mengubah gaya hidup Anda sekarang juga.

Menurut dr. Seth Martin, ahli kardiologi, tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan. Memulai sekarang lebih baik daripada tidak pernah memulai sama sekali.

Salah satu cara paling ampuh untuk mencegah serangan jantung adalah dengan menjalani gaya hidup sehat, termasuk tidak merokok.

"Jika Anda belum pernah merokok, jantung Anda mungkin berada dalam posisi yang lebih sehat dibandingkan seseorang yang merokok," katanya.

Perlu diketahui, penyakit jantung atau kardiovaskular masih menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia yang mengakibatkan 18,7 juta kematian per tahun. Di Indonesia sendiri berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menyebutkan bahwa setidaknya 15 dari 1.000 orang individu di Indonesia menderita penyakit jantung atau kardiovaskular.  (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tren Bergeser, Pola Penyakit Jantung Kini Mulai Ancam Usia Muda