12/10/2021 10:58:59
Info Kesehatan

Tingkatkan Kesehatan Mental dengan 4 Cara Ini

Foto: Ilustrasi/Internet

Menjaga kesehatan mental terutama ditengah pandemi seperti sekarang, sangatlah penting. Kesehatan mental mencakup kesejahteraan, psikologis, dan sosial. Lalu, bagaimana cara meningkatkannya?

Melansir Medlineplus, kesehatan mental sangat berpengaruh pada pola pikir, rasa, dan tindakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mental sehat, maka kita dapat berpikir dengan jernih sehingga membantu menangani stres, dan membuat pilihan yang tepat.

Berikut adalah 4 cara meningkatkan kesehatan mental yang dapat dicoba.

Menyeimbangkan emosi positif dan negatif

Bersikap dan berpikir positif memang perlu, tapi bukan berarti kita terbebas dari emosi negatif seperti sedih dan marah. Emosi negatif kadang perlu kita rasakan sehingga dapat melewati masa sulit. Terpenting adalah tidak membiarkan emosi negatif tersebut berlarut-larut. Hentikan memikirkan hal buruk di masa lalu atau terlalu mengkhawatirkan masa depan. Tidak perlu juga memikirkan berbagai rumor dan emosi negatif lainnya. Cobalah untuk menghadirkan emosi positif, lalu pertahankan. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.

Selalu bersyukur

Biasakan untuk selalu bersyukur atas hal-hal baik dalam hidup kita. Tentu cara ini sangat membantu, baik dengan memikirkannya saja atau menuliskannya ke dalam jurnal. Ini bisa berupa hal-hal besar, seperti dukungan yang didapatkan dari orang-orang terkasih, atau hal-hal kecil, seperti menikmati makanan enak. Adalah penting untuk memberi diri kita waktu sejenak untuk menikmati bahwa pengalaman positif.

Menjaga kesehatan fisik

Kesehatan fisik dan mental sangat terhubung satu sama lain. Menjaga kesehatan fisik bisa dilakukan dengan beberapa cara, yakni rutin berolahraga, tidur cukup, mengonsumsi makanan sehat, memiliki hubungan sosial yang baik dengan orang lain, menjaga komunikasi dengan keluarga, melakukan hobi, atau memperdalam spiritualitas.

Meditasi

Meditasi merupakan latihan pikiran dan tubuh dimana kita belajar memusatkan perhatian dan kesadaran. Ada banyak jenis meditasi, termasuk meditasi kesadaran dan meditasi transendental. Yang perlu diperhatikan saat ingin memulai meditasi adalah memastikan lokasi agar tenang tanpa gangguan berarti, posisikan postur senyaman mungkin, dan fokus perhatian. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tingkatkan Kesehatan Mental dengan 4 Cara Ini