18/10/2021 15:15:54
Info Kesehatan

Cegah Angka Covid-19 Melonjak Lagi, Pemerintah Rancang Vaksinasi Booster untuk Rakyat

Foto: Ilustrasi/Dokcil

Saat ini, angka kasus positif Covid-19 sudah jauh melandai dibanding periode Juni 2021. Meski demikian, untuk mencegah melonjaknya kembali angka positif Covid-19, pemerintah sudah merancang vaksinasi booster untuk rakyat yang akan diberikan pada 2022 mendatang.

Terkait rencana tersebut, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meminta Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization/ITAGI) meneliti vaksin Covid-19 terbaik untuk booster masyarakat umum.

Hal itu seperti disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu. Saat ini pemerintah sedang merancang vaksinasi booster yang direncanakan diberikan pada 2022.

"Kita, Indonesia merancang nanti masuk vaksinasi booster. Memang diharapkan kita dapat booster di bulan Januari 2022 semua. Tapi prioritas untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan," terang Maxi seperti dilansir dari Liputan6.com.

Lalu, apa itu vaksin booster?

Melansir Kompas.com, dua dosis vaksin saat ini dianggap sebagai dosis utama vaksin. Dosis utama vaksin diberikan untuk membangun sistem imun agar siap menghadapi patogen yang masuk ke dalam tubuh.

Sedangkan vaksin booster adalah vaksin tambahan yang berfungsi untuk meningkatkan dan memastikan imun yang telah terbentuk pada dosis sebelumnya. Ini akan memberikan perlindungan yang lebih optimal pada risiko masuknya patogen.

Untuk vaksin Covid-19, saat ini dosis utama vaksin adalah dua kali suntikan. Dua dosis tersebut sudah cukup untuk melindungi masyarakat umum dari infeksi parah Covid-19. Namun, antibodi yang terbentuk dari kedua dosis tersebut, mungkin saja menurun dan membutuhkan vaksin booster.

Saat ini berbagai penelitian masih terus dilakukan apakah vaksin booster untuk masyarakat umum diperlukan atau tidak. Sedangkan untuk tenaga kesehatan, vaksin booster diperlukan karena mereka menjadi garda terdepan yang terpapar virus Covid-19 setiap harinya.

Apa itu vaksin dosis ketiga? Vaksin dosis ketiga adalah vaksin yang harus diterima dan dianggap sebagai bagian dari dosis utama vaksin. Sasaran vaksin dosis ketiga ini hanya diperuntukkan untuk segelintir orang.

Contoh orang yang harus menerima vaksin dosis ketiga adalah orang yang mengalami immunocompromised. Orang dengan immunocompromised tidak bisa membentuk antibodi sebaik orang yang sehat.

Oleh karena itu, vaksin dosis ketiga diperlukan untuk memastikan mereka memiliki antibodi yang cukup untuk melindunginya dari Covid-19. Siapa yang memerlukan vaksin booster dan vaksin dosis ketiga? Berdasarkan rekomendasi dari Centers of Disease Control and Prevention (CDC), individu yang perlu menerima vaksin booster diantaranya adalah tenaga kesehatan, orang tua 65 tahun ke atas, orang tua dan dewasa dengan penyakit penyerta, dan pekerja publik yang berisiko tinggi terpapar Covid-19. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Cegah Angka Covid-19 Melonjak Lagi, Pemerintah Rancang Vaksinasi Booster untuk Rakyat