29/10/2021 11:45:25
Info Kesehatan

Tren Kasus Positif Covid-19 di 20 Daerah Mengalami Peningkatan, Apa Sebabnya?

Foto: Ilustrasi/Internet

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan tren kasus positif Covid-19 di 20 daerah di Indonesia selama tujuh pekan terakhir. Lalu, apa saja yang menjadi pemicunya?

Direktur Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan bahwa berdasarkan pemantauan selama kurang lebih 2 bulan terakhir, ada 105 kabupaten/kota di 30 provinsi yang mengalami tren peningkatan kasus positif.

"Saat ini ada 105 kabupaten kota di 30 provinsi yang terlihat ada tren peningkatan kasus konfirmasi positif selama 7 minggu terakhir," kata Nadia dalam konferensi pers virtual, Kamis (28/10) seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Dari catatan 105 kabupaten/kota itu, Kota Administratif Jakarta Timur masuk dalam kategori daerah dengan tren peningkatan kasus selama tujuh pekan. Dua daerah aglomerasi lainnya yang juga tercatat dalam kategori tersebut adalah Kota Depok dan Kota Bekasi. 

"Hal ini tentunya menjadi kewaspadaan bersama mengingat saat ini kita sedang dalam kondisi stabil dan sedang dalam upaya menekan angka penularan serta menekan jumlah kasus positif serendah mungkin," tuturnya.

Peningkatan kasus di 105 kabupaten/kota ini juga menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Ia khawatir potensi gelombang ketiga karena ada peningkatan kasus positif di banyak kabupaten kota di Indonesia.

Berikut daftar 20 daerah dengan tren peningkatan kasus selama tujuh pekan terakhir:

·         Nagan Raya, Aceh

·         Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara

·         Kepulauan Meranti, Riau

·         Bangka Selatan, Bangka Belitung

·         Solok Selatan, Sumatera Barat

·         Jakarta Timur, DKI Jakarta

·         Kota Depok, Jawa Barat

·         Kota Bekasi, Jawa Barat

·         Blora, Jawa Tengah

·         Kota Surakarta, Jawa Tengah

·         Jember, Jawa Timur

·         Bima, Nusa Tenggara Barat

·         Minahasa Tenggara, Sulawesi Tenggara

·         Buton, Sulawesi Tenggara

·         Bulukumba, Sulawesi Selatan

·         Sintang, Kalimantan Barat

·         Sambas, Kalimantan Barat

·         Bengkayang, Kalimantan Barat

·         Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah

·         Lamandau, Kalimantan Tengah

Faktor pemicu

Melansir laman covid19.go.id, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, mengatakawan bahwa ada tiga faktor pemicu yang menyebabkan tren kasus Covid-19 kembali meningkat. Yang pertama karena relaksasi dilakukan terlalu cepat dan tidak melalui tahapan-tahapan.

Faktor ke-dua, pelaksanaan protokol kesehatan yang tidak disiplin, dan ke-tiga pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Untuk faktor ketiga, terbanyak disebabkan anak-anak yang bersekolah belum menerima vaksinasi Covid-19. Karena itulah saat ini para pengembang vaksin terus mengembangkan uji klinis untuk melihat efektivitas dan efek samping vaksin Covid-19 pada anak-anak, termasuk Moderna dan Pfizer. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tren Kasus Positif Covid-19 di 20 Daerah Mengalami Peningkatan, Apa Sebabnya?