16/12/2021 11:57:04
Info Kesehatan

Ingat Ya, Pandemi Belum Usai! Begini Cara Efektif Meningkatkan Sistem Imun Agar Tubuh Tetap sehat!

Foto: Ilustrasi/Internet

Pandemi belum usai. Bahkan, kini dunia menghadapi ancaman kehadiran varian baru corona yang disebut Omicron. Nah, daripada panik, sebaiknya kita tingkatkan system imun secara alami.


Seperti diketahui bersama, daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita dari berbagai infeksi virus. Oleh karena itu, sangat penting memiliki daya tahan tubuh untuk mencegah kita jatuh sakit, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Berikut beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh yang dikutip Dokcil dari beberapa sumber:

1. Rutin Berolahraga

Aktivitas fisik seperti olahraga secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan yang dapat membantu tubuh melawan infeksi virus. Menurut anjuran World Health Organization (WHO), orang dewasa direkomendasikan untuk berolahraga (intensitas ringan-sedang) selama 150 menit dalam satu minggu.

Durasi ini bisa dibagi-bagi menjadi 30 menit per hari sebanyak lima hari. Contoh olahraga yang dapat kamu lakukan adalah berjalan, jogging, bersepeda, yoga, berenang, atau jenis olahraga lainnya.

2. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup melalui tidur sekitar 7-9 jam setiap malamnya, merupakan cara sederhana untuk meningkatkan sekaligus menjaga sistem imun tubuh tetap kuat. Sebab, tanpa tidur atau istirahat yang cukup, tubuh tidak dapat memproduksi sitokin dalam jumlah banyak. Melansir Healthline, sitokin merupakan sejenis protein pada tubuh yang berfungsi untuk melawan peradangan, infeksi, sekaligus secara efektif menciptakan respons imun tubuh.

3. Perbanyak makan sayur dan buah

Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, kita disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit.

Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Jenis buah yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh adalah buah yang kaya akan vitamin dan mineral.

4. Hindari stres

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Jadi, sebisa mungkin kita perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Ingat Ya, Pandemi Belum Usai! Begini Cara Efektif Meningkatkan Sistem Imun Agar Tubuh Tetap sehat!