20/12/2021 12:17:27
Info Kesehatan

Manfaatnya Luar Biasa! Air Rendaman Nanas Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Cegah Kanker

Foto: Ilustrasi/Pinterest

Buah nanas yang sudah matang seringkali dikonsumsi apa adanya, dijadikan salah satu bahan rujak atau dibuat selai untuk topping roti juga nikmat. Tapi, mungkin belum banyak yang tahu bahwa rutin mengonsumsi air rendaman nanas atau yang disebut infused water, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Ya, air rendaman nanas punya manfaat luar biasa bagi tubuh. Berbagai manfaat kesehatan yang dimiliki buah ini memang sudah tidak diragukan lagi, mulai dari kekebalan tubuh hingga mencegah kanker.

Nanas mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, serta enzim bromelain hingga asam amino triptofan. Berbagai nutrisi yang ada mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit.

Berikut manfaat air rendaman nanas seperti dikutip dari Grid:

1. Kekebalan Tubuh

Satu porsi nanas mengandung lebihdari 130 persen dari rekomenasi vitamin C harian yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat. Sekaligus menjadi antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas dan menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit alzheimer, penyakit parkinson hingga kondisi degeneratif lainnya.

2. Mengurangi Peradangan

Nanas memiliki enzim proteolitik yang relatif langka, bromelain yang ditemukan di dalam nanas bisa membanu memecah protein perusak sendi. Bromealin juga membantu mengurangi peradangan dan bisa meringankan nyeri radang sendi. Hal itulah yang membuat nanas bisa dimanfaatkan untuk membantu mengurangi peradangan pada sendi dan otot.

3. Tingkatkan Kesehatan Mental

Nanas juga mengandung triptofan dalam tingkat tinggi, asam amino yang sama pada kalkun dan memicu rasa kantuk. Tryptophan mampu membantu tubuh dalam memproduksi serotonin, salah satu hormon yang menciptakan rasa bahagia. Tambahkan nanas dalam konsumsi makan sehari-hari bisa membantu seseorang melawan depresi dan rasa kecemasan.

4. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Hampir 75 persen dari rekomendasi harian untuk mineral mangan, buah ini bisa membantu membangun kekuatan tulang. Penelitian Linus Pauling Institude menyebutkan bahwa mangan dan mineral lain bisa membantu mencegah osteoporosis pada wanita pascamenopause.

5. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa nanas bisa langsung mencegah kanker payudara, tenggorokan dan mulut. Mengacu pada penelitian yang diterbitkan British Journal of Cancer menyebutkan bahwa beberapa kandungan yang terdapat di dalam nanas. Kombinasi nanas dari bromelain, beta-karoten, vitamin A, mangan dan berbagai senyawa flavonoid bisa mencegah kanker.

6. Tingkatkan Pencernaan

Bromelain dalam nanas juga bisa membantu meningkatkan pencernaan, kandungan serat yang tinggi secara teratur mampu menyehatkan usus. Buah ini bisa dijadikan seseorang yang ingin menurunkan berat badan sekaligus mengurangi peradangan di usus. 

Nah, setelah mengetahui manfaat rendaman air nanas ini, yuk kita coba praktekkan! Terlebih ditengah pandemi yang belum usai ditambah datangnya musim penghujan seperti sekarang, dimana tubuh sering rentan terkena infeksi penyakit. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Manfaatnya Luar Biasa! Air Rendaman Nanas Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Cegah Kanker