21/12/2021 12:06:27
Info Kesehatan

Gejala Mirip, Omicron Potensial Disalahartikan Flu Biasa

Foto: Ilustrasi/Internet

Karena memiliki kemiripan gejala, virus corona varian Omicron berpotensi disalahartikan dengan flu. Ini yang membuat banyak orang menjadi lengah dan kurang waspada, padahal risikonya jauh lebih berat.

Hal tersebut terungkap dari hasil penelitian di Inggris. Seperti diberitakan, Inggris merupakan salah satu negara yang paling terdampak varian Omicron.

Meski gejala Omicron sangat mirip dengan gejala yang biasanya menyertai flu, para ahli tetap mengingatkan agar masyarakat dunia tidak meremehkannya. Sebab, risiko yang ditimbulkan dari varian covid terbaru itu, sangat cepat menular.

Melansir dari CNBC, studi Zoe Covid, yang menganalisis ribuan gejala pasien Covid-19 yang diunggah ke aplikasi publik mencatat data pada November dan Desember. Analisis awal ditemukan kesamaan antara varian Delta dan varian Omicron, menjadi tanda bahwa mutasi belum berakhir.

Ada kecenderungan gejala varian Omicron mirip flu. Tim mengatakan lima gejala teratas yang dilaporkan adalah pilek, sakit kepala, kelelahan (baik ringan atau berat), bersin, dan sakit tenggorokan.

Analisis gejala ini dilakukan di London karena dampak varian Omicron sangat besar di kota ini. Varian Omicron sudah menjadi yang dominan di London dan disebut akan segera menjadi 'biang kerok' penularan Covid-19 di sana.

Profesor Tim Spector, ilmuwan utama di aplikasi Zoe Covid Study, mengatakan ada risiko bahwa kasus Omicron potensial bisa disalahartikan sebagai pilek ringan.

’’Seperti yang ditunjukkan data terbaru kami, gejala omicron didominasi gejala pilek, pilek, sakit kepala, sakit tenggorokan dan bersin, jadi orang harus tinggal di rumah karena kemungkinan besar Covid,’’ kata Spector dalam laporan terbaru Zoe. (*) 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Gejala Mirip, Omicron Potensial Disalahartikan Flu Biasa