24/12/2021 14:46:36
Info Kesehatan

Cara Sederhana Tetap Sehat saat Perayaan Natal

Foto: Ilustrasi/Internet

Layaknya hari raya lain, Natal pun kerap dijadikan ajang berkumpul keluarga oleh umat Kristiani. Nah, bagi Anda yang merayakannya, sebaiknya tetap menjaga kesehatan diri dan orang sekitar karena pandemi Covid-19 belum usai.

Seperti diketahui, hingga saat ini kita belum bisa keluar dari belenggu Covid-19 meski angka kasus melandai. Bahkan, varian baru Omicron pun diberitakan sudah masuk ke Indonesia sehingga Anda perlu meningkatkan kehati-hatian.

Merujuk pada Edaran Menteri Agama No. 23 Tahun 2020 mengenai Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal di Masa Pandemi Covid-19, umat Kristiani diharapkan dapat beribadah dengan khusyuk namun tetap aman agar tidak mengurangi aspek spiritualitas.

Ibadah Natal bisa diselenggarakan secara kolektif namun tetap sederhana dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Kegiatan ibadah juga dapat disiarkan secara daring dengan tata ibadah yang disiapkan oleh para pengurus dan pengelola rumah ibadah.

Berikut beberapa cara sederhana dan tetap sehat saat hari raya Natal seperti dilansir dari DetikHealth:

Konsumsi Makanan Bergizi

Banyaknya sajian kuliner di momen hari raya sering membuat banyak orang abai memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Tak jarang orang-orang juga mengalami kenaikan berat badan mendadak selepas masa libur Natal dan Tahun Baru. Padahal makan makanan bergizi sangat diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit di masa pandemi.

Meski identik dengan kue kering, roti manis, permen, juga sajian berbagai olahan daging, Anda tak boleh melewatkan nutrisi sehat lainnya untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Lengkapi konsumsi makanan Anda dengan buah-buahan dan vitamin yang dapat menjaga energi tetap bugar untuk menghabiskan Natal dengan bahagia.

Ciptakan Momen bersama Keluarga

Perayaan Natal bisa jadi momen berharga untuk berkumpul bersama keluarga. Anda bisa merencanakan kegiatan untuk menghabiskan Natal dengan berbelanja, mendekorasi tempat tinggal dan menghias pohon natal, juga menyiapkan sajian makanan. Seluruh kegiatan tadi bisa dikoordinasikan dengan seluruh anggota keluarga, pastinya seru dan menyenangkan.

Natal pun bisa menyenangkan dengan tontonan spesial Natal di rumah bersama keluarga. Jangan lupa pula untuk tetap jaga jarak dan kondisi tubuh saat berkumpul.

Istirahat Cukup

Walau memiliki banyak kegiatan seharian, istirahat tetap tak boleh dilewatkan. Istirahat yang cukup dapat menjaga daya tahan tubuh tetap prima pasca-Natal agar Anda dapat terus beraktivitas. Tidur yang nyenyak tidak harus terlalu lama. Selama pola tidur yang dimiliki teratur, Anda akan merasa berenergi setiap saat. Konsumsi suplemen vitamin dapat ditambahkan untuk menjaga tubuh tetap sehat.  

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Cara Sederhana Tetap Sehat saat Perayaan Natal