23/02/2022 09:55:35
Info Kesehatan

Kematian Akibat Omicron Catatkan Angka Tertinggi; 257 Kasus

Foto: Ilustrasi/Internet

Jumlah kematian akibat Covid-19 varian Omicron, mencatatkan angka tertinggi, yakni mencapai 257 kasus pada 22 Februari 2022. Ini merupakan rekor kematian tertinggi sejak Omicron ditemukan di Indonesia.

Angka kematian tertinggi sebelumnya tercatat pada Jumat, (18/2/2022), dengan 216 kasus pasien meninggal. Dalam rapat evaluasi PPKM beberapa waktu lalu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya juga memperdiksi bahwa sejumlah daerah di Indonesia akan mengalami puncak kematian.

Hal itu berdasarkan prediksi lima daerah yang telah mencapai puncak kasus Covid-19 gelombang omicron. Meski demikian, lanjut Menkes berdasarkan perbandingan dengan negara-negara lain, bahwa puncak angka kematian biasa terjadi 15-20 hari dari puncak kasus.

"Kami juga mengamati yang meninggal itu banyak yang belum divaksin atau vaksinasi baru sekali, komorbid dan lansia. Sehingga kami ulangi lagi terus-menerus untuk segera divaksin. Vaksinasinya juga harus lengkap minimal dua kali dan kalau ada teman-teman yang lansia didorong agar segera cepat divaksin," kata Menkes seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Sebelumnya, menurut data Minggu (13/2/2022), Kemenkes mencatat sudah ada 1.090 pasien meninggal di masa varian Omicron mendominasi kasus Covid-19 di Indonesia. Dari total pasien yang meninggal tersebut diketahui 68  persen diantaranya belum divaksinasi lengkap, 76 persen usianya lebih dari 45 tahun, 49 persen masuk golongan lanjut usia, dan 48 persen memiliki komorbid.

’’Kembali kami mengimbau masyarakat, termasuk anak-anak dan kelompok lanjut usia, untuk segera melengkapi vaksinasi karena vaksinasi telah terbukti mampu melindungi kita dari risiko gejala berat hingga kematian akibat terpapar Covid-19. Tidak ada lagi alasan kita untuk tidak mau divaksinasi melihat data-data yang ada,” ujar dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid., Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Kematian Akibat Omicron Catatkan Angka Tertinggi; 257 Kasus