08/03/2022 15:03:03
Info Kesehatan

4 Langkah Mudah Mencegah Obesitas pada Anak

Foto: Ilustrasi/Internet

Anak yang gemuk memang cenderung menggemaskan. Akan tetapi, jika sampai obesitas atau kelebihan berat badan, pastinya tidak akan baik untuk kesehatan mereka. Lalu, bagaimana cara mencegahnya?

Perlu diketahui, anak yang terlalu gemuk justru lebih rentan terserang penyakit. Seorang anak dikatakan obesitas bila berat badannya jauh melebihi berat badan normal sesuai usianya.

Obesitas bisa terjadi jika kalori harian yang dikonsumsi anak terlalu banyak atau kalori yang dibakar terlalu sedikit. Untuk mencegah anak mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, ada empat langkah mudah yang bisa diterapkan:

1. Ajak anak berolahraga

Menurut penelitian, rutin mengajak anak berolahraga selama 150 menit per minggu, atau kurang lebih 20 menit per harinya. Ini terbukti bermanfaat untuk mencegah obesitas karena olahraga bisa membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Selain berolahraga, Anda juga bisa mengajak anak bermain di taman atau berjalan kaki di sekitar rumah, minimal 1 jam per hari.

2. Berikan anak makanan bergizi

Berikan anak makanan bergizi yang kaya akan serat, protein, dan rendah kalori, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, susu rendah lemak atau low fat, ikan, daging, dan makanan yang terbuat dari gandum. Sebisa mungkin, hindari memberikan makanan yang dapat menyebabkan obesitas, seperti gorengan atau makanan siap saji. Batasi juga konsumsi makanan manis, makanan kemasan dengan kandungan garam (sodium/natrium) yang tinggi, serta minuman yang banyak mengandung gula, termasuk jus kemasan.

3. Pastikan anak cukup tidur

Menurut penelitian, anak yang kurang tidur lebih berisiko untuk mengalami obesitas. Oleh karena itu, anak perlu mendapatkan tidur yang cukup. Anak berusia 3–5 tahun memerlukan waktu tidur sebanyak 11–13 jam, sedangkan waktu tidur untuk anak berusia 6–13 tahun adalah 9–11 jam per harinya.

4. Hindari meletakkan televisi atau gadget di kamarnya

Selain menganggu kenyamanan tidur anak, meletakkan televisi atau gadget di kamar juga bisa meningkatkan risikonya untuk mengalami obesitas. Jika televisi atau gadget diletakkan di luar kamar, kemungkinan anak untuk menonton televisi atau bermain game hingga larut malam akan lebih kecil.

Untuk mencegah obesitas pada anak, porsi dan waktu makan anak juga perlu diatur. Usahakan agar anak tidak makan dalam porsi besar sekaligus dan tidak makan menjelang waktu tidur. Selain itu, biasakan anak untuk makan di meja makan, jangan sambil menonton atau bermain gadget. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: 4 Langkah Mudah Mencegah Obesitas pada Anak