21/03/2022 19:03:46
Info Kesehatan

Konsumsi Air Hangat Setiap Hari Sangat Baik Lho untuk Kesehatan

Foto: Ilustrasi/Internet

Salah satu manfaat air adalah menjaga agar tubuh kita tidak dehidrasi. Nah, para ahli kesehatan seringkali menyarankan agar kita minum air hangat di pagi dan malam hari. Apa saja manfaatnya?

Menurut keterangan para ahli, tubuh manusia dibentuk oleh 80 persen cairan (air), sehingga organ tubuh manusia juga memerlukan air untuk bisa bekerja dengan baik. Kendati begitu, kebutuhan air putih setiap orang ternyata berbeda, disesuaikan dengan usia.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan R1 nomor 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi atau AKG, berikut rincian kebutuhan air putih berdasarkan usia.

    Anak-anak, usia 7-9 tahun: 1900 ml per hari.

    Remaja, usia 16-18 tahun: 2200 ml per hari.

    Dewasa, usia 30-49 tahun: 2600 ml per hari.

Berikut ini manfaat minum air hangat bagi kesehatan tubuh;

1. Mencegah batu ginjal

Minum air hangat di pagi hari juga dipercaya dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Hal ini dikarenakan asam yang menyebabkan batu ginjal dapat larut dengan bantuan air hangat. Tak hanya itu, air hangat juga diketahui bisa mencegah penyakit kronis lainnya seperti infeksi pada kandung kemih.

2. Membantu melancarkan sirukulasi darah

Air hangat yang diminum sebelum tidur ternyata bermanfaat untuk melancarikan sirkulasi darah. Saat sirkulasi darah lancar, maka tubuh akan terjaga dari ancaman penyakit termasuk penyakit jantung.

3. Membersihkan saluran pencernaan

Minum air putih seusai bangun tidur ternyata bisa membantu membersihkan saluran pencernaan dari racun penyebab penyakit. Secara alamiah, sebenarnya tubuh akan mengeluarkan racun saat malam hari. Namun dengan bantuan air putih yang diminum saat pagi hari, sisa racun yang tertinggal bisa dikeluarkan. Sehingga tubuh menjadi benar-benar bersih.

4. Mengatasi sembelit

Dehidrasi bisa menyebabkan sembelit atau konstipasi. Dengan minum air hangat saat pagi hari, maka kondiri tersebut bisa diatasi. Sebab air hangat dapat membantu konsentrasi tinja lebih lunak dan membantu pergerakan usus, sehingga kotoran mudah dikeluarkan. Maka dari itu, konsumsi air hangat dengan rutin membuat buang air besar menjadi lebih lancar.

5. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Saat malam hari tubuh mengeluarkan racun-racun yang berbahaya. Maka dari itu, minum air air hangat sebelum tidur dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Setelah minum air hangat biasanya tubuh akan berkeringat. Nah, keringat inilah yang membantu racun dalam tubuh keluar. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Konsumsi Air Hangat Setiap Hari Sangat Baik Lho untuk Kesehatan