31/03/2022 14:59:51
Info Kesehatan

Supaya Stamina Tetap Terjaga Saat Puasa, Terapkan 5 Langkah Ini!

Foto: Ilustrasi/Internet

Selama Ramadan, bukan hanya pola makan yang mengalami perubahan waktu, siklus tidur pun pasti berubah karena  harus melakukan sahur. Perubahan pola hidup ini tak jarang membuat stamina tubuh menurun. Lalu, bagaimana caranya agar stamina tetap terjaga?

Ramadan sudah diambang pintu, tak lama lagi seluruh umat muslim akan mulai berpuasa menahan lapar dan haus dari mulai terbit matahari hingga tiba waktu berbuka. Mengingat pandemi belum berakhir, tentu saja kita disarankan untuk tetap menjaga stamina selama Ramadan agar tidak mudah terinfeksi penyakit.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan agar tubuh senantiasa segar dan sehat selama menjalani ibadah puasa:  

1. Hindari makan berlebihan saat berbuka puasa dan sahur

Meski seharian menahan lapar, sebaiknya hindari makanan yang berlebihan di waktu berbuka puasa dan sahur. Menurut Nazima Qureshi, RD, MPH, penulis The Healthy Ramadan Guide, mengonsumsi makanan berlebihan saat berbuka puasa atau sahur justru dapat memicu kelelahan di pagi hari dan berpotensi menambah berat badan.

Qureshi menganjurkan berbuka puasa dengan makanan kurma, buah-buahan, dan minum air putih. Ia juga menyarankan untuk berhenti sejenak dan melakukan ibadah terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi makanan berat.

"Gula alami dari buah akan memungkinkan tubuh untuk mencatat bahwa Anda telah makan. Anda tidak akan merasa kelaparan, dan cenderung tidak makan berlebihan," jelas Qureshi seperti dikutip dari detikcom.

Pernyataannya itu sejalan dengan ucapan dr. Aru Ariadno, Sp.PD KGEH, dari RS Brawijaya Depok, yang menyarankan berbuka puasa dengan yang manis. "Berbukalah dengan yang manis, pertama. Dengan kurma ganjil dan lainnya," katanya.

2. Menjaga asupan air minum

Air minum sangat penting dikonsumsi selama Ramadan. Sebab, seseorang yang tidak mengonsumsi air minum cukup dapat menyebabkan suasana hati yang buruk dan kelelahan.

Selain itu, menjaga asupan air juga dapat membantu mengelola kondisi kesehatan kronis dan berperan dalam mencegah dan mengobati sejumlah kondisi, seperti sakit kepala, migrain, batu ginjal, sembelit, dan menjaga tekanan darah.

Ada juga beberapa bukti bahwa tetap terhidrasi dapat menurunkan nafsu makan yang tentunya berguna di saat berpuasa. Lantas, bagaimana aturan meminum air putih di bulan Ramadan?

Agar kebutuhan delapan gelas air per hari bisa terpenuhi di bulan Ramadan, dr. Aru membagi tips berikut:

-Dua gelas pada waktu berbuka

-Dua gelas pada waktu setelah shalat tarawih

-Dua gelas sebelum tidur

-Dua gelas pada waktu sahur

"Kita bisa ganti pada waktu berbuka, kita minum mungkin dua gelas, setelah shalat tarawih bisa dua gelas, kemudian malam sebelum tidur bisa dua gelas, sama pada waktu sahur. Jadi bisa kita kerjakan sesuai aturannya," katanya.

3. Menjaga kualitas tidur

Tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk berikutnya adalah menjaga tidur. Kurang tidur dan juga kebanyakan tidur bisa membuat tubuh merasa lemas.

Tidur lebih awal, misalnya usai salat tarawih, agar tubuh mendapatkan cukup waktu beristirahat dan bisa bangun lebih segar saat sahur. Tidur siang alias power nap usai salat dhuhur juga bisa membantu merasa lebih bersemangat dan kuat beraktivitas hingga waktunya buka puasa.

4. Alihkan pikiran

Mengalihkan pikiran juga bisa sebagai tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk lho. Pasalnya, pikiran bisa membuat kita fokus pada satu hal dan mudah untuk mengabaikan hal lainnya.

Misalnya, seseorang terlalu fokus bekerja hingga tak menghiraukan sekelilingnya. Sama halnya dengan rasa lapar dan ngantuk, jika terlalu fokus pada keduanya, tentu ini menjadi sulit untuk dihindari di waktu puasa.

Sebagai gantinya, seseorang bisa mengalihkan pikiran dengan melakukan suatu hal yang disenangi.

5. Olahraga

Rutin berolahraga saat bulan puasa sangat penting karena menjadi salah satu cara tercepat agar tubuh dipacu untuk bernapas lebih dalam. Jika olahraga dilakukan dengan baik, walau itu hanya berjalan-jalan ringan, bisa memberikan dorongan energi agar tidak lesu.

Mungkin olahraga terdengar jadi hal yang paling tidak ingin dilakukan, namun menjadwalkan olahraga saat Ramadan sangat penting. Misalnya saja berjalan singkat usai sahur, untuk meningkatkan kadar energi tubuh saat menjalani waktu puasa nanti. (*)

*Berbagai sumber

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Supaya Stamina Tetap Terjaga Saat Puasa, Terapkan 5 Langkah Ini!