04/04/2022 12:02:30
Info Kesehatan

Covid-19 Belum Musnah, Kini Muncul Varian XE yang 10 Persen Lebih Menular

Foto: Ilustrasi/Internet

Meski angka kasus Covid-19 menunjukkan penurunan, virus tersebut belum musnah karena masih ada varian-varian baru bermunculan. Terbaru, muncul varian baru bernama XE yang merupakan gabungan dari Omicron (BA.1) dan subvarian Omicron (BA.2).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporan temuan varian XE ini di Inggris, dan disinyalir 10 persen lebih menular dibanding subvarian Omicron BA.2.

"Perkiraan awal menunjukkan varian baru ini 10 persen lebih menular dibandingkan BA.2 Namun bagaimana pun, temuan ini masih memerlukan konfirmasi lebih lanjut,"kata  WHO, dikutip dari NDTV News.

Badan Kesehatan Inggris menyebut, varian XE pertama kali dideteksi pada 19 Januari, dengan 637 kasus .  ”Varian tersebut mencampur materi genetik mereka selama replikasi dan membentuk mutasi baru,” kata para ahli Inggris dalam sebuah makalah yang diterbitkan di British Medical Journal.

Sementara itu, subvarian Omicron BA.2 dilaporkan menyebar dengan cepat di banyak negara. Di samping itu, menurut survei terbaru dari Kantor Statistik Nasional, Inggris mencatat sekitar 4,9 juta kasus Covid-19 dalam pekan terakhir berakhir pada 26 Maret, atau 600 ribu lebih banyak dibanding pekan sebelumnya.

Amerika Serikat dan China juga melaporkan lonjakan kasus Covid-19 akibat penyebaran subvarian Omicron BA.2. China melaporkan hampir 104.000 infeksi Covid-19 domestik pada Maret, dengan 90 persen kasus baru-baru ini ditemukan di Shanghai atau provinsi Jilin timur laut. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Covid-19 Belum Musnah, Kini Muncul Varian XE yang 10 Persen Lebih Menular