24/05/2022 13:23:00
Info Kesehatan

Menjaga Kebersihan Tubuh, Kunci Utama Cegah Penularan Cacar Monyet

Foto: Ilustrasi/Internet

Penyebaran virus cacar monyet atau monkey pox sangat masif. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan kasus cacar monyet yang diidentifikasi di sejumlah negara diantaranya Kanada, Amerika Serikat (AS), Inggris, Portugal, Spanyol, dan Singapura. Lalu, bagaimana cara mencegahnya?

Sejak 6 Mei 2022, Inggris melaporkan temuan kasus cacar monyet sebanyak 9 kasus. Sementara Spanyol dan Portugal mendeteksi lebih dari 40 kasus. Selain itu, kasus cacar monyet juga dilaporkan dari benua Amerika. Seorang pria Massachusetts, Amerika Serikat terkonfirmasi terpapar cacar monyet usai melakukan perjalanan dari Kanada, seperti yang dilaporkan dari CBS News.

Terbaru, negara tetangga Indonesia yakni Australia melaporkan kasus cacar monyet pertamanya pada Jumat (20/5/2022). Pasien cacar monyet pertama di Australia tersebut merupakan seorang wisatawan yang baru saja kembali dari Inggris.

Melihat penyebaran virus cacar monyet yang begitu masif, ini tentunya perlu kita waspadai agar tidak menyebar ke penjuru dunia sebagaimana hepatitis akut misterius yang sudah masuk ke Indonesia.

Melansir Fimela, Dokter Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara, Masrurotut Daroen menjelaskan sejumlah cara untuk mencegah penularan cacar monyet. Kunci pencegahannya diantaranya mencuci tangan secara teratur. Penanganan hewan dan produknya dengan benar. 

’’Cuci tangan kembali dengan benar dengan sabun dan bilas dengan air mengalir, sehabis kontak dengan hewan piaraan,’’ kata dokter yang akrab dipanggil dr. Rury ini.

Menurut Rury, karantina setiap orang dan hewan yang diketahui terinfeksi cacar monyet penting dilakukan. Sedangkan hewan mati harus dibakar dan dikubur.

’’Saya tegaskan kebersihan pribadi sangat dibutuhkan di sini. Pendidikan kesehatan juga penting,’’ ucapnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, bagi setiap orang dan hewan yang diketahui terinfeksi cacar monyet, maka karantina perlu dilakukan. Namun apabila hewan yang terinfeksi tersebut mati, maka harus dibakar dan dikubur.

Dikutip dari CNBC International, kasus cacar monyet kadang-kadang bisa lebih parah bahkan hingga berujung pada kematian, seperti yang dilaporkan Afrika Barat. Namun otoritas kesehatan menekankan bahwa secara global risikonya sangat rendah.

’’Sementara penyelidikan masih berlangsung untuk menentukan sumber infeksi, penting untuk ditekankan agar wabah ini tidak menyebar dengan mudah di antara orang-orang dan kontak pribadi yang dekat dengan orang terinfeksi,’’ kata Direktur Klinis dan Infeksi Baru di Badan Kesehatan Inggris (UKHSA), Collin Brown. (*)

*Dari berbagai sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Menjaga Kebersihan Tubuh, Kunci Utama Cegah Penularan Cacar Monyet