25/05/2022 14:10:12
Info Kesehatan

Benarkah Pandemi Covid-19 di Indonesia Sudah Terkendali? Begini Kata Pakar

Foto: Ilustrasi/Internet

Saat ini, pemerintah sudah melonggarkan aturan penggunaan masker diluar ruangan meski pandemi Covid-19 belum benar-benar usai. Apakah ini berarti pandemi di Indonesia sudah terkendali?

Pakar epidemiologi Dicky Budiman dari Universitas Griffith Australia, menilai gelombang Covid-19 berikutnya masih sulit diprediksi. Berkaca dari rentang waktu puncak kasus Covid-19 terjadi, paling lama gelombang baru muncul empat bulan dari gelombang sebelumnya.

Seperti diketahui, puncak gelombang ketiga Covid-19 disebut Satgas berada di pertengahan Februari dengan kasus mingguan mencapai 400 ribu. Karenanya, Dicky menilai kemungkinan adanya gelombang baru bisa terlihat di akhir Mei atau awal Juni 2022.

Periode tersebut menentukan apakah Indonesia masih rentan atau benar-benar sudah masuk fase pandemi Covid-19 terkendali.

’’Artinya sebenarnya Juni ini nanti tes case untuk Indonesia, apakah kita akan ada gelombang baru, walaupun kecil. Jelas kemungkinan gelombangnya bisa terjadi sebetulnya, tapi masalahnya deteksi kita kan sulit jauh-jauh sangat menurun,’’ tutur Dicky seperti dilansir dari detikcom.

Meski begitu, Dicky menekankan saat ini indikator penilaian wabah Covid-19 tidak hanya berdasarkan berapa banyak jumlah infeksi, melainkan angka fatalitas. Jika angka fatalitas tinggi, artinya ada risiko Indonesia masih berada di fase akut pandemi Covid-19, atau kemungkinan munculnya varian baru dengan karakteristik berbeda.

’’Tahun ketiga ini, yang mendominasi dunia omicron dan turunan-turunannya, ini satu kondisi yang mensyaratkan kita tidak hanya bisa melihat kasus infeksi saja, tapi kita harus lihat keparahan dan perubahan karakter atau bahkan varian yang lebih fatal,’’ ucapnya.

Dicky tidak menampik imunitas Covid-19 yang dimiliki warga Indonesia mampu menekan risiko perawatan di RS lebih rendah. Namun, ia mengingatkan pentingnya vaksinasi booster demi meningkatkan kekebalan pasca vaksinasi.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Benarkah Pandemi Covid-19 di Indonesia Sudah Terkendali? Begini Kata Pakar